PEKANBARU, GORIAU.COM - Meskipun hanya didukung tiga Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) dari Riau, peluang Zulkifli Hasan untuk memenangkan pertarungan menjadi Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Periode 2015-2020 cukup besar. Sebab, dari 579 suara yang diperebutkan di Kongres IV PAN di Bali, 28 Februari-2 Maret 20015, Ketua MPR RI itu telah mengantongi 421 suara.

''Kans-nya cukup besar. Insya Allah Saudaraku Zulkifli Hasan menjadi Ketua Umum PAN 2015-2020,'' ujar Fendri Jaswir, Wakil Ketua DPW PAN Riau Bidang Infokom Politik menjawab wartawan di Pekanbaru, Rabu (25/2/2015). ''Mudah-mudahan suara tersebut tidak berubah sesampai di Bali,'' timpalnya.

Menurut pendukung Zulkifli Hasan ini, tiga Ketua DPD PAN kabupaten/kota yang mendukung Zulkifli Hasan dari Riau yaitu Ketua DPD PAN Kampar Yurjani Moga, Ketua DPD PAN Dumai Zainal Abidin dan Ketua DPD PAN Rohul Erizal. ''Ketiganya sudah berada di Yogyakarta bersama pendukung Zulkifli Hasan lainnya sejak kemarin,'' kata mantan anggota DPRD Riau itu.

Dalam suatu acara di Yogyakarta, Selasa (24/2/2015) malam, semua pendukung Zulkifli Hasan datang. Mereka terdiri dari Sumatera 105 orang, Indonesia Timur (Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua, Bali dan NTT) 197 orang dan dari Jawa 119 orang. Selama di Yogyakarta mereka bersilaturrahmi dengan pendiri PAN termasuk Ketua MPP PAN Amien Rais. Memang, Amien Rais, AM Fatwa dan Soetrisno Bachir mendukung Zulkifli Hasan.

Dikatakan, Riau memiliki 14 suara terdiri dari 12 ketua DPD dan dua suara DPW PAN Riau yakni Ketua Herliyan Saleh dan Sekreatris Herman Gazali. Namun yang terang-terangan mendukung Zulkifli Hasan hanya tiga orang. Sisanya mendukung Hatta Rajasa menjadi Ketua Umum PAN lagi. Ketika Amien Rais datang ke Riau mensosialisasikan Zulkifli Hasan beberapa waktu lalu, pendukung Hatta Rajasa tidak datang.

Zulkifli Hasan mendapat dukungan mayoritas kader PAN karena mengusung konsep desentralisasi partai yang selama kepemimpinan Hatta terlalu sentralistik serta akan melakukan konvensi untuk calon presiden/wakil presiden 2019. ''Saudaraku Zulkifli Hasan juga mengusung konsep partai advokasi. Artinya, mendampingi masyarakat tidak hanya menjelang Pemilu,'' ujar Fendri. ***