PEKANBARU, GORIAU.COM - Dalam menghadapi festival silat bagi tujuh negara rumpun melayu yang dipusatkan di Perkampungan Hang Tuah, Kampung Duyung, Melaka, IPSI Riau mempersiapkan tim silat dari beberapa perguruan silat yang ada di Provinsi Riau. Para perguruan silat tersebut sekarang ini telah mempersiapkan diri untuk festival tersebut yang diadakan pada tanggal 16-17 April 2015.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua IPSI Riau, Drs H Zulher MS, disela-sela latihan atlit silat yang diadakan di Kantor IPSI Riau, Minggu (28/3/2015) pagi. Dia mengungkapkan untuk festival kali ini IPSI Riau akan jauh lebih siap dari festival seni silat yang diadakan beberapa tahun belakangan ini.

''Festival seni silat yang akan diadakan di Melaka nantinya itu merupakan kategori silat tradisi. Silat tradisi merupakan seni silat tradisional yang dimiliki oleh masing-masing perguruan yang ada di Asia Tenggara. Mereka akan dinilai dari segi keindahan, teknik dasar silatnya dan juga beberapa penilaian lainnya. Perguruan yang memiliki seni silat tradisi yang terbaik akan diberikan penghargaan,'' kata Zulher.

Dia mengungkapkan  bahwa festival dan anugerah silat ini sangat bagus dan turut menjaga warisan silat tradisi sebagai tonggak dasar silat yang berkembang selama ini. jangan sampai nilai-nilai dasar seni silat hilang karena silat tradisi tidak ada lagi yang menguasainya nanti.

''Silat yang selama ini berkembangan merupakan pengembangan dari slat tradisi yang telah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Dengan adanya festival ini akan menjaga warisan silat tradisi ini hingga ke anak cucu kita nantinya,'' ujar Zulher. (rls)