SIAK SRI INDRAPURA, - Protein hewani yang terdapat pada ikan ternyata bisa menjaga kulit tetap kencang. Tentu saja bagi mereka yang suka makan ikan setiap hari, akan terlihat awet muda dan tetap berenergi.

"Ibu-ibu yang ingin awet muda, rajin-rajinlah makan ikan," kata Ketua Forikan Kabupaten Siak Rasidah Aldefri, Selasa (26/7/2016).

Istri Wakil Bupati Siak ini mendorong masyarakat agar selalu mengkonsumsi ikan setiap hari. Sebab, selain obat awet muda, di tubuh ikan terdapat gizi yang sangat tinggi. "Protein hewaninya mudah dicerna oleh tubuh," kata Rasidah, pada kegiatan sosialisasi gerakan memasyarakatkan makan ikan di Aula Gedung Wanita, Siak Sri Indrapura.

Gerakan makan ikan ini, lanjutnya, merupakan program Nasional yang berkelanjutan sampai ke tingkat kampung. "Bagi kecamatan yang belum membentuk Forikan ini hingga ke tingkat kampung, hendaknya segera mensosialisasikan program ini," ajaknya kepada seluruh peserta yang hadir mewakili 14 kecamatan di Kabupaten Siak.

Kepala Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan Siak Susilawati menambahkan, pihaknya telah mengusulkan agar Forikan Siak mendapat penghargaan di tingkat Nasional. Sebab, program ini telah dilaksanakan di Kabupaten Siak dengan baik hingga ke kampung-kampung.

Lailiyana, Dosen Poltekes Kemenkes Riau yang menjadi narasumber pada kegiatan itu menjelaskan manfaat mengkomsumsi ikan pada tubuh. Dia mengajak masyarakat agar setiap hari makan ikan, karena di tubuh ikan terdapat protein yang sangat baik dan penting untuk kesehatan tubuh.

"Kandungan lemak pada ikan adalah lemak yang mudah dicerna serta langsung dapat digunakan oleh jaringan tubuh. Zat gizi lainnya yang terkandung dalam ikan yakni vitamin dan mineral. Bagi mereka yang suka makan ikan, tentu sangat merasakan manfaatnya pada tubuh," pungkasnya.(rls)