PEKANBARU, GORIAU.COM - Prestasi olahraga yang diraih para atlet Riau di Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil) I di Jambi beberapa waktu lalu mendapat apresiasi besar dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau. Apresiasi tersebut ditandai dengan realisasi sagu hati sebesar Rp492.500.000.

Terdata sebanyak 91 atlet berprestasi, ditambah dengan 16 pelatih. Atlet berprestasi perorangan mendapatkan Rp7,5 juta untuk medali emas, Rp4,5 juta untuk perak dan Rp2,5 juta untuk perunggu.

Sementara untuk cabang beregu diberikan sebesar Rp5 juta untuk medali emas, Rp3 juta perak dan Rp1,5 juta untuk perunggu.

Menyusul pelatih cabor perorangan diberikan sagu hati sebesar Rp15 juta untuk medali emas, Rp10 juta untuk perak dan Rp5 juta untuk perunggu. Sementara untuk pelatih cabor beregu diberikan sagu hati sebesar Rp10 juta untuk emas, Rp7 juta untuk perak dan Rp3 juta untuk perunggu.

Bonus ini merupakan rutinitas yang diberikan oleh Pemprov melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Riau setiap tahunnya. "Ini bentuk apresiasi dan dukungan Pemprov Riau untuk atlet dan pelatih kita yang berprestasi," kata Kepala Bidang Olahraga Dispora Riau, Edwar Sanger kepada GoRiau.com, Jumat (19/12/2014).

Seluruh atlet yang meraih medali tersebut sudah dipastikan lolos ke Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) Tahun 2015 mendatang. Karena memang, Popwil merupakan ajang seleksi bagi atlet cabang olahraga untuk lolos ke Popwil.

Pada Popwil di Jambi tersebut, Kontingen Riau berhasil membukukan 8 medali emas, 9 medali perak dan 9 medali perunggu. Dengan hasil tersebut, Riau berhasil menempati urutan kedua setelah Sumatera Utara yang keluar sebagai juara umum.***