PADANG, GORIAU.COM - Gubernur Riau (Gubri), H Annas Maamun hadir dalam Rakor Percepatan Pembangunan Infrastruktur Kawasan Sumatera di Padang, Sumatera Barat, Jumat (29/8/2014). Rakor tersebut juga dihadiri sejumlah menteri dan gubernur se-Sumatera.

Berkesempatan memberikan sambutan, Gubri langsung menyampaikan berbagai keinginan untuk percepatan sejumlah pembangunan di Provinsi Riau. Salah satu prioritas yang menjadi fokus Gubri adalah percepatan pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai.

Dihadapan Menko Perekonomian Republik Indonesia Chairul Tanjung, Menteri PU Joko Kirmanto, Menteri Perhubungan EE Mangindaan, Menhut Zulkifli Hasan, dan Menteri Pertanian Suswono yang merupakan sektor penting dalam pengembangan wilayah Sumatra.

Gubri menegaskan bahwa Rencata Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Provinsi Riau sudah di SK-kan Menteri Kehutanan (Menhut) RI, Zulkifli Hasan. "Kami meminta Tol Pekanbaru-Dumai segera direalisasikan, sebab Menhut telah menandatangani RTRW Riau," kata Gubri.

Tol Pekanbaru-Dumai dibangun sepanjang 126,2 Kilometer (Km), dengan rincian ruas jalan Pekanbaru-Kandis 63,50 Km dan Kandis-Duri-Dumai sepanjang 62,70 Km.

Sebab, dijelaskan Gubri, untuk mendukung Program Masterplan, Percepatan, Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MPE3I) harus diimbangi dengan infrastruktur jalan yang layak, salah satunya juga dengan ketersediaan jalan tol.

Menyikapi hal itu, Menteri Pekerjaan Umum (PU), Joko Kirmanto, menyampaikan, dari 4 tol Sumatera yang akan dibangun, Tol Pekanbaru-Dumai akan digesa dengan Ground Breaking di Medan hingga akhir September 2014 mendatang.

Instruksi lainnya disampaikan Menko Perekonomian RI, Chairul Tanjung. Dimana seluruh kepala daerah yang bersangkutan harus menggesa proses pembebasan lahan bagi yang belum terselesaikan, karena Riau juga termasuk ke dalamnya.(rls)