PEKANBARU, GORIAU.COM - PSPS dipastikan lolos ke babak 16 besar putaran Divisi Utama musim ini. Kepastian ini didapat setelah Persiraja ditekuk Pro Duta Selasa (19/8/2014) dengan skor 3 - 1. PSPS melenggang ke babak 16 besar menemani Pro Duta FC sebagai juara grup.

Dengan kekalahan tersebut, poin Persiraja tidak bertambah, tetap 17 dengan menyisakan satu pertandingan dan berada diperingkat ketiga klasemen sementara group I. Laga terakhir, Persiraja akan bentrok dengan PSMS Medan.

PSPS sendiri berada diperingkat kedua dengan koleksi 20 poin dengan menyisakan satu pertandingan. Pertandingan terakhir, PSPS menantang Bintang Jaya pada 23 Agustus nanti.

Dipastikan, walau Persiraja bisa menang telak kala bentrok dilaga terakhir dengan PSMS Medan, PSPS akan tetap melenggang ke babak selanjutnya menemani Pro Duta FC yang sudah dipastikan menjadi juara group I.

Sebab walau Persiraja dan PSPS memiliki poin yang sama nantinya, maka PSPS dipastikan unggul dari Persiraja. Sebab hasil pertemuan kedua tim atau head to head musim ini menjadi penentu.

Musim ini, di babak penyisihan group I, Persiraja dan PSPS sudah dua kali bertemu. Di kandang Persiraja, PSPS menang dengan skor 2 - 1. Sedangkan dikandang PSPS, Persiraja bisa menahan imbang dengan skor 1 - 1. Dengan melihat hasil head to head tersebut, PSPS jelas unggul dari Persiraja.

Sementara tim lain, yang berada di group I, apa pun hasil pertandingan sisa, tetap tidak bisa menyamai poin PSPS dan Persiraja. Sehingga dapat dipastikan, PSPS akan melenggang ke babak 16 besar.

Pelatih Kepala PSPS Philep Hansen memastikan, head to head memang menjadi hal yang pertama dilakukan bila ada dua tim dengan nilai sama. "Kita lolos ke babak selanjutnya. Dalam aturan manual liga, head to head yang pertama dilkakukan," kata Philep.***