PEKANBARU, GORIAU.COM - Cukup mengejutkan, Gubernur Riau (Gubri), H Annas Maamun menyampaikan masih ada kandungan minyak terbesar yang tersimpan di satu daerah. Bahkan diprediksi, sumur minyak tersebut bisa disebut yang terbesar dari yang sudah digali.

Sumur yang dimaksud berada di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil). Informasi ini didapatkannya setelah bertemu dengan petinggi PT Chevron Pasific Indonesia (CPI) beberapa pekan lalu di Pekanbaru.

"Mereka (Chevron, red) menyampaikan ada kandungan minyak di Sungai Rokan (Rohil, red). Bahkan menjadi yang terbesar dari yang sudah digali," kata Gubri.

Jika memang terbukti, Gubri meyakinkan bahwa Rohil akan masuk ke dalam kabupaten terkaya di Indonesia. Namun semua itu butuh kajian, dan peninjauan oleh tim ahli untuk pembenarannya.

Setakad dengan itu, Gubri tentu saja berharap informasi tersebut benar adanya. Karena lagi-lagi Gubri menyinggung akan berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat Riau ke depan.

"Jika itu terbukti, bisa saja kita arahkan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat miskin. Kalau tidak kita yang membantu, mereka tidak akan bisa keluar dari jurang kemiskinan," tandasnya.

Menurutnya kekayaan Riau harus dimanfaatkan untuk pembangunan karena masih banyak jalan yang harus diperbaiki. Selain minyak, lanjutnya, kekayaan Riau juga berlimpah dari produksi kelapa sawit.

"Riau merupakan daerah dengan kebun kelapa sawit tersubur dan terbanyak di Pulau Sumatera. Fakta tersebut dikatakan oleh Institut Pertanian Bogor (IPB)," ungkap Gubri.***