PEKANBARU, GORIAU.COM - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Riau tengah mempersiapkan 8 cabang olahraga menghadapi Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil) yang akan digelar di Jambi, Juni 2014 mendatang.

Ke-8 cabang tersebut terdiri dari 4 cabang yang berasal dari Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP), sisanya di luar PPLP. Ada pun cabang yang masuk PPLP diantaranya sepakbola, tenis lapangan, pencak silat dan sepaktakraw.

Sementara cabang di luar PPLP antara lain bulutangkis, tenis meja, bola voli dan bola basket. Demikian disampaikan Kepala UPT dan Pelatihan Dispora Riau, H Akhyar, Kamis (24/4/2014).

"Popwil tahun ini akan mempertandingakan 8 cabang olahraga, dimana 4 diantaranya berasal dari PPLP dan 4 lainnya di luar PPLP," terang Akhyar.

Sementara mengenai target, Akhyar sendiri berharap agar seluruh cabang yang diikuti Riau bisa lolos meloloskan diri. Karena Popwil merupakan kualifikasi atau seleksi untuk mengikut Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2015 mendatang.

"Kita berharap semua cabang yang kita ikuti bisa meloloskan diri, meskipun tidak seluruhnya, minimal ada nomor atau kelas yang mewakili," tandas Akhyar.

Sepakbola diberikan kuota sebanyak 18 pemain, tenis lapangan sebanyak 10 atlet, pencak silat sebanyak 20-an atlet dan sepaktakraw sebanyak 12 atlet.

Kemudian bukutangkis disediakan kuota sebanyak 10 atlet, tenis meja sebanyak 10 atlet, bola voli sebanyak 12 atlet dan bola basket sebanyak 10 atlet.***