PEKANBARU, GORIAU.COM - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menyiapkan anggaran sebesar Rp16 miliar untuk hujan buatan di Provinsi Riau, Maret 2015 mendatang.

Hujan buatan tersebut akan dititikberatkan di Bengkalis, sebagai daerah 'penghasil' titik panas terbanyak di Riau sepanjang 2015 ini. Karena langkah ini dilakukan sebagai antisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

"Kita belum tahu pasti anggaran Rp16 miliar itu untuk apa saja. Tetapi mereka fokus membantu hujan buatan di Riau," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Riau, Yulwiriati Moesa kepada GoRiau.com, Senin (23/2/2015).

Rencananya, Selasa (24/2/2015) hari ini, Pemprov Riau bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen LHK), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), pihak TNI dan Polri, Manggala Agni, dan unsur terkait lainnya menggelar rapat persiapan untuk rencana aksi hujan buatan ini.

"Hujan buatan rencananya akan dilaksanakan di sepanjang Maret 2015. Mereka akan penuh melakukan aksi selama satu bulan, tentu juga dibantu pihak-pihak terkait," ulas Yulwiriati Moesa.***