PEKANBARU, GORIAU.COM - Kabupaten dan kota di Provinsi Riau sudah mulai melakukan penerimaan pendaftaran calon Praja IPDN wilayah Rokan Hilir (Rohil). Pendaftaran sendiri dibuka sejak 19-29 Agustus 2014 lalu.

Artinya, pendaftaran untuk masuk calon Praja IPDN akan berakhir besok, Jumat (29/8/2014). Penerimaan Praja IPDN wilayah Rohil tahun ini sudah masuk dalam pantaua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dimana dianggap, perekrutannya selama ini tidak transparan dan seakan tertutup. Meski begitu, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Riau tetap bertugas melakukan verifikasi kelengkapan administrasi para pelamar.

"Setelah pendaftaran ditutup, BKD Riau akan memverifikasi kelengkapan administrasi peserta. Kemudian selanjutnya baru mengikuti tes atau ujian," ujar Kepala BKD Riau, M Guntur.

Namun BKD Riau belum mengetahui berapa kisaran pelamar yang mendaftar sebagai calon Praja IPDN. Namun untuk tahun lalu, dikalkulasikan lebih kurang 500 pelamar yang mendaftar.

Bagi yang lulus tes administrasi kata Guntur, selanjutnya akan mengikuti tes psikologi, tes kesehatan, tes kesamaptaan dan kemampuan dasar (TKD). Kemudian terakhir, tes Pantohir di Kampus Pusat IPDN di Jatinangor, Jawa Barat.

Diterangkan juga, khusus untuk Psikotes akan dikoordinir oleh TNI AD. Sementara untuk tes kesehatan dan kesamaptaan belum ditentukan instansi yang mengkoordinirnya.

Khusus untuk Tes TKD kata Guntur, dengan menggunakan sistim CAT. Tes ini langsung dikoordinir oleh BKN Kantor Regional XII Pekanbaru.***