PEKANBARU, GORIAU.COM - Seluruh perwakilan dari Pemerintah Pusat menginstruksikan agar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau bersama kabupaten/kota untuk meningkatkan Sumberdaya Manusia (SDM) di seluruh sektor yang ada.

Instruksi tersebut disampaikan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Riau Tahun 2015 di Hotel Labersa, Kampar, Riau, Kamis (16/4/2015). Mulai dari pengembangan wilayah kemaritiman, pariwisata, kinerja pemerintah, pelayanan masyarakat, perkebunan, kehutanan hingga pengembangan Sumberdaya Alam.

"Peningkatan SDM harus menjadi prioritas Pemerintah Provinsi Riau untuk mengembangkan dan meningkatkan sektor-sektor yang ada, karena kebijakan yang diambil akan berpengaruh kepada kesejahteraan, keamanan, kenyamanan untuk masyarakat," kata Dirjen Dalam Negeri Maliki Heru Santoso.

Dikatakannya, program nasional untuk pemerataan daerah bertujuan untuk mengurangi kesenjangan-kesenjangan masyarakat di masing-masing wilayah. "Semuanya membutuhkan SDM yang handal," ujarnya.

Maliki Heru Santoso, Wamenkeu, Mardiasmo, program kemaritiman nasional yang dicanangkan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla juga membutuhkan SDM yang unggul.

"Ketimpangan antara daerah pesisir dan daratan harus menjadi perhatian pemerintah daerah. Ini juga perlu menjadi pijakan dalam Musrenbang Riau tahun ini," tandasnya.

Pengelolaan potensi alam di berbagai sektor, menurutnya juga harus didukung oleh SDM yang berkualitas. Jika tidak, pengembangan sektor terutama untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) tidak akan maksimal.***