PEKANBARU - Panitia Apel Kesetiaan NKRI dan Anti Radikalisme terus mematangkan persiapan di lapangan menjelang pelaksanaan kegiatan yang diselenggarakan Ansor-Banser Riau, Minggu (29/5/2016). Apel ini sendiri akan digelar di Lapangan Angkasa Pura II Simpangtiga Pekanbaru.

Ketua Panitia sekaligus menjabat Kepala Satkor Wilayah Banser Riau Ibadullah, SE didampingi Wakil Kepala Satkorwil Slamet Riyadi mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Polda Riau dan Korem 031/Wirabima untuk rencana tersebut.

"Bapak Kapolda dan Danrem menyambut baik kedatangan kami saat audiensi dan menyatakan siap memberikan support pada kegiatan ini," jelas Ibadullah.

Terkait jumlah pasukan dan jamaah yang akan menghadiri acara tersebut, Ibadullah mengaku sudah mengirimkan undangan pada seluruh Pengurus NU dan Badan Otonom dibawah NU se Riau, pengasuh Ponpes serta organisasi kepemudaan dan kemasyarakatan lainnya.

"Termasuk majelis taklim, PKDP, LAM, paguyuban Jawa, Tionghoa yang tergabung dalam PSMTI serta masyarakat umum dari 12 kabupaten dan kota se-Riau. Jumlahnya kami perkirakan 5.000 orang terdiri dari pasukan Banser, Pendekar Pagar Nusa, tokoh agama lintas etnis, TNI, Polri dan masyarakat umum," paparnya lebih lanjut.

Apel Akbar ini sebagai bentuk komitmen Gerakan Pemuda Ansor dan Banser NU dalam menjaga NKRI dari paham radikal dan anti Pancasila.

Tokoh nasional yang dipastikan hadir diantaranya Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj, Ketua PP Ansor Gus Yaqut, anggota DPR RI HM Lukman Edy, Kepala Satkornas Banser Alfa Isnaini.

"Kami juga mengundang Kepala BNPT melalui pengurus Ansor pusat," imbuhnya.

Ibadullah mengimbau seluruh jamaah masjid khususnya dan masyarakat umum di Pekanbaru untuk hadir bersama-sama pada kegiatan tersebut. Dalam Apel Akbar ini nanti juga akan diisi pengajian yang disampaikan Prof. DR. KH. Said Aqil Siradj. (rls)