PEKANBARU, GORIAU.COM - Sebanyak 208 PNS Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mengikuti ujian kenaikan pangkat dan penyesuaian ijazah (PI) di Balai Diklat Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau, Jalan Ronggowarsito, Pekanbaru, Riau, Kamis (20/11/2014).

Ujian sendiri menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). "Ada 208 PNS yang mengikuti ujian dan berasal dari berbagai golongan," terang Kepala BKD Riau, M Guntur, Kamis (20/11/2014).

Pelaksanaan ujian ini berdasarkan PP No. 99 Tahun 2000 jo PP No. 12 Tahun 2002 tentang Kenaikan Pangkat PNS. Ratusan peserta ujian kenaikan pangkat ini, juga berasal dari berbagai golongan dan memiliki ijazah mulai dari SMA, SI hingga S2.

Dengan rincian naik pangkat ke Golongan II/d atau Ujian Dinas Tingkat I, diikuti sebanyak 50 orang. Kemudian untuk Golongan III/d atau ujian dinas tingkat II, diikuti sebanyak 7 orang.

Sementara ujian penyesuaian ijazah sarjana SI sebanyak 130 orang dan untuk sarjana S2 diikuti 9 orang. Kemudian untuk PNS yang mengikuti penyesuaian ijazah SMA, ada sekitar 12 orang. Sehingga, total PNS yang mengikuti tes ini berjumlah 208 orang.

Selain ujian dengan menggunakan sistim CAT, para peserta juga harus lulus tes wawancara. Tes wawancara, tim pengujinya merupakan PNS yang sudah memiliki golongan IV/c.

"Jadi setelah lulus ujian CAT, peserta juga harus mengikuti proses wawancara," tandas mantan Kepala Biro Tata Pemerintahan Setdaprov Riau ini.***