BENGKALIS, GORIAU.COM - Kontingen Kabupaten Bengkalis dipastikan menjadi juara umum Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII Riau yang berlangsung di Rengat, Kabupaen Indragiri Hulu. Keberhasilan duta-duta kabupaten berjuluk Negeri Junjungan di event olahraga terbesar di Riau yang berlangsung 18-25 Oktober 2014 itu, mendapat apresiasi khusus dari Bupati Bengkalis, H Herliyan Saleh.

Sebagai bentuk apresiasi atas keberhasilan perjuangan atlet-atlet Kabupaten Bengkalisdi di Porprov VIII Riau tersebut, saat ini Bupati dalam perjalanan menuju Rengat.

Padahal saat menghadiri dan melepas kegiatan pawai ta'aruf sempena tahun baru Islam, 1 Muharam 1436 H di Lapangan Pokok Jengkol, Duri, Kecamatan Mandau, sekitar pukul 08.00 WIB, Sabtu  (25/10/2014) pagi tadi, Bupati terlihat sangat letih karena banyaknya kegiatan kedinasan yang harus diikutinya sebelumnya.

''Alhamdulillah, berkat dukungan dan do'a semua pihak, atlet-atlet Kabupaten Bengkalis  berhasil menjadi juara umum Porprov VIII Riau. Insya Allah, setelah mengikuti acara pawai ta'aruf di Duri ini, saya langsung akan bertolak ke Rengat.

Selain menghadiri acara penutupan, saya ingin mengucapkan tahniah kepada seluruh atlet secara langsung,'' jelas Herliyan, tanpa dapat menyembunyikan rasa bangganya atas capaian yang ditorehkan atlet-atlet Kabupaten Bengkalis tersebut.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah Bengkalis, Johansyah Syafri, hingga pukul 14.25 WIB, jumlah medali yang berhasil diperoleh kontingen Bengkalis sebanyak 128 medali. Terdiri 47 emas, 36 perak 45 perunggu.

Sedangkan posisi runner up ditempati Kota Pekanbaru memperoleh 41 emas, 35 perak dan 36 perunggu. Sementara Kabupaten Inhil menduduki tempat ketika dengan 26 emas, 19 perak dan 34 perunggu.

Secara keseluruhan, kata Johansyah, perolehan medali sejumlah kontingen memang belum final. Masih ada beberapa cabang yang masih dipertandingkan. Diantaranya catur dan pencak silat.

''Meskipun begitu, medali yang diperoleh Kabupaten Bengkalis itu, tidak mungkin lagi dapat dilampaui kontingen daerah lain,'' tegas Johansyah.

Johansyah menambahkan, jumlah medali yang diperoleh kontingen Kabupaten Bengkalis masih bisa bertambah. Masih ada satu sisa cabang yang kemungkinan memberikan tambahan medali. Yaitu cabang sepakbola.''Namun bukan medali emas, tetapi hanya perunggu,'' jelas Johansyah.

Ditambahkan Johansyah, untuk memperebutkan medali perunggu cabang sepakbola ini kesebelasan Kabupaten Bengkalis akan berhadapan dengan kesebelasan Kabupaten Siak.

''Pertandingan untuk memperebutkan medali perunggu cabang sepakbola ini akan dilangsungkan pukul 15.00 WIB ini.Sementara medali emas akan diperebutkan kesebelasan tuan rumah tuan Indragiri Hulu berhadapan dengan Indragiri Hilir,'' ujarnya.

Pertandingan  antara Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir ini akan digelar pukul 19.00 WIB di stadion Nara Singa, Rengat.(jfk)