BANGKINANG, GORIAU.COM - Ratusan warga memadati rumah Abdul Hakim, tokoh masyarakat Desa Kumantan, Kecamatan Bangkinang, Kabupaten Kampar, Kamis (22/8/2013) malam. Mereka menunggu kehadiran Calon Gubernur Riau, H. Jon Erizal yang datang dari Rokan Hulu (Rohul). Walaupun sudah malam, mereka tetap setia menunggu kehadiran Cagubri yang diusung PAN dan PKS itu.

''Walaupun agak malam, kami tetap setia menunggu Pak Jon Erizal. Kehadiran bapak sudah lama ditunggu-tunggu masyarakat Kumantan. Ternyata bapak masih muda,'' kata Kepala Desa Kumantan, Nursal. Kehadiran Jon Erizal bersama istri Hj. Rita Jon Erizal dan rombongan, merupakan suatu kehormatan bagi warga Kumantan. ''Terima kasih atas kehadiran bapak, semoga Pak Jon Erizal menjadi pemimpin baru di Riau,'' ujarnya.

Tokoh masyarakat Kumantan, Abdul Hakim mengajak masyarakat Kumantan, khususnya, dan Kabupaten Kampar, pada umumnya, untuk memantapkan hati dan memenangkan pasangan Jon Erizal-Mambang mit (JE-MM) pada Pilgubri 4 September 2013. ''Kita sudah dengar program dari Pak Jon Erizal. Mari kita menangkan JE-MM semoga masyarakat Riau lebih sejahtera lagi,'' ujarnya disambut pernyataan siap dari warga yang hadir.

Jon Erizal berterima kasih atas antusias warga menunggu sampai tengah malam. ''Walaupun perjalanan saya melelahkan, namun karena bapak-bapak dan ibuk-ibuk masih bersemangat, saya pun makin semangat,'' ujarnya. Sebelumnya, Jon Erizal melakukan kampanye dialogis di tiga desa di Kecamatan Tapung, Kampar, dan dua titik di Kecamatan Tandun, Rohul.

Menurut Jon Erizal, masih banyak kekurangan yang harus ditingkatkan dalam pembangunan Riau. Diantaranya, masalah pendidikan, kesehatan, infrastruktur, pertanian, perumahan dan sebagainya. Namun dengan kondisi keuangan Riau yang Rp 6,7 triliun, semua itu sulit dicapai jika hanya mengandalkan APBD. Apalagi, perkembangan pendudukan dan pembangunan lebih cepat dari perkembangan APBD. ''Untuk itu perlu APBD ditingkatkan dulu,tidak cukup hanya membelanjakan yang ada,'' ujarnya.

Jon Erizal mengajak masyarakat  untuk jeli memilih Gubernur Riau yang punya pemikiran untuk memajukan Riau. Jika pilihan itu jatuh kepada dirinya, Jon Erizal mengucapkan terima kasih. Namun dia mengingatkan agar tidak menjelek-jelekkan calon lain. ''Jangan jadikan Pemilukada untuk kita terpecah-pecah, jadikanlah sebagai pemersatu,'' pintanya. (rls)