PEKANBARU, GORIAU.COM - Tidak mau ketinggalan. Politisi senior Wan Abu Bakar sejak awal memang berkeinginan maju menjadi calon Gubernur Riau jalur independen pada Pilgubri 2013 ini. Dengan segenap kemampuan, politisi PPP yang berpasangan dengan Prof. Isjoni ini berupaya memenuhi dukungan suaranya. Akhirnya, duet maut Wan Abu Bakar-Isjoni yang disingkat WIN ini ikut mendaftar ke KPU di hari terakhir. Yakni, Riau, Rabu (29/5) pukul 14.00 WIB.

Namun, mantan wakil gubernur Riau ini tidak mengumbar euforia politik di tengah jalan Gajah Mada, depan kantor KPU Riau itu. Berbeda dengan calon lainnya, WIN mendaftar tanpa ada acara hiburan, pendukung yang berteriak-teriak, atauorgen tunggal. Pasangan ini mendaftar dengan beberapa orang saja.

Namun, pendaftarannya juga diterima dengan hangat oleh KPU Riau, sama dengan penerimaan calon lain yang mendaftar pakai pergelaran kesenian. Adapun dukungan suara, saat mendaftar WIN sanggup 462.926 dukungan suara, dari akumulasi kesalahan 437.170.

"Tanggungjawab kami sudah selesai. Kami berharap KPU tidak merugikan kami, tetapi hendaknya bisa membuat kami ikut serta dalam Pilgubri. Kami siap bersaing secara sehat dengan kandidat lain," ujar anggota DPR RI ini yang dianggukkan Prof. Isjoni.

Dia mengatakan percaya dengan kinerja KPU Riau yang akurat, prosefesional dan bertanggungjawab. Sehingga, dia menyerahkan agar KPU melakukan verifikasi terhadap puluhan kardus surat dukungan suaranya.

Sementara ketua KPU Riau, Tengku Edy Sabli mengatakan menerima pendaftaran WIN, namun dia perlu menegaskan bahwa dukungan suaranya akan diverifikasi faktual.

"Tentu belum bisa kita pastikan, sebab kita butuh verifikasi terlebih dahulu," ujar Edy.(kha)