SIAK GORIAU.COM - Wah, ternyata menjadi calon legislatif lebih menarik ketimbang dua profesi ini yaitu menjadi kepala pemerintahan terkecil yaitu kepala desa dan juga sebagai wartawan. Paling tidak, fakta itu terlihat dari banyak munculnya beberapa kades dan wartawan yang menjadi balon legislatif di Siak, Riau.

Berdasarkan data yang dirilis Komisi Pemilihan Umum (KPU) Siak, Selasa (7/5/2013), sedikirnya terdapat 18 kepala desa dan lima wartawan yang ikut didaftarkan sebagai bakal calon anggota legislatif pada Pemilu 2014 mendatang.

Ketua KPUD Siak H.Agus Salim SH melalui tim verikasi ketua Pokja Drs H. Sariman menjelaskan, jumlah Bacaleg yang sebelumnya bekerja sebagai Kades ada 18, mereka menggunakan perahu yang berbeda.

''Dari PDIP ada empat orang kades yang mendaftar, Partai Golkar empat kades, Partai Hanura 3 kades, PAN 3 kades, PKPI 2 kades, Partai Gerinda satu kades dan PKB 1 kades,'' jelas Sariman

Lebih lanjut Sariman menjelaskan, dari 18 orang kades tersebut, ada yang sudah melampirkan surat pengunduran diri dan ada juga yang belum. Surat pengunduran diri yang disampaikan harus dilengkapi dengan surat keterangan tanda terima pengunduran diri dari atasannya. ''Yang sudah melengkapi surat pengunduran diri dan keterangan ada tuju orang, selebihnya belum,'' imbuhnya

Ditambahkannya, bagi yang belum lengkap masih ada waktu untuk melengkapi data yang kurang, perbaikan di buka mulai tanggal 9 sampai 22 Mei 2013.

Sementara untuk wartawan terdapat empat orang untuk Bacaleg DPRD Siak dan satu untuk Bacaleg provinsi daerah pemiiihan Siak dan Pelalawan. (sks)