PEKANBARU, GORIAU.COM - Tiga puluhan massa kader Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) menuntut segera dilakukannya diproses PAW, Dasrianto. Mereka mendatangi gedung DPRD Pekanbaru, Selasa (22/1/2013).

Massa datang dengan membawa spanduk besar yang bertulisan ''Wahai Bapak Walikota Jangan Anda Tahan Proses PAW Drs Eswili, Wahai Bapak Walikota Jadilah Walikota Yang Tidak Intervensi Partai Kami. Dan juga terlihat poster wajah Drs Eswili, serta juga sejumlah bendera partai.

Puluhan kader DPC Partai Gerindra Pekanbaru ini datang dengan aksi damai yang menuntut percepat proses PAW terhadap Dasrianto.

Mereka meminta DPRD segera mengirimkan rekomendasi ke Gubenur Riau sebab proses pengajuan PAW ini terkesan ditahan-tahan oleh Walikota Pekanbaru.

"Kami datang dengan aksi damai ke DPRD Pekanbaru ini untuk minta dengan cepat dilakukan proses PAW terhadap Dasrianto, yang digantikan Eswili. Kami sengaja datang kesini, karena sampai saat sekarang masih mandeknya proses yang tengah ditangani Walikota Pekanbaru. Kami minta, diajukan ke gubenur," kata Koordinator Aksi Lapangan (Korlap) Syahrul, Selasa (21/1/2013).

Syahrul yang juga Wakil Ketua Bidang Komunikasi di DPC Gerindra Pekanbaru ini mengatakan, sampai saat ini tidak ada respon pihak Walikota tentang proses PAW Dasrianto, makanya diminta DPRD megajukan ke Gubernur.

Karena sebutnya, sesuai undang-undang yang berlaku itu jika Walikota tidak memberikan rekomendasinya dalam waktu yang ditentukan. DPRD boleh mengajukan langsung ke gubernur.

"Inilah yang ingin kami sampaikan ke DPRD Riau, disebab Walikota terkesan mendiamkan proses PAW terhadap Dasrianto ini," katanya.

Syahrul juga mengatakan, sangat tidak logis jika proses PAW Dasrianto tidak ditindaklanjuti. Padahal, status Dasrianto saat inikan sudah diberhentikanya DPP Gerindra sejak Mei 2012, maka secara defacto hukum bukan lagi jadi kader partai. Artinya, Dasrianto tidak layak duduk di DPRD mewakili Gerindra.

Kedatangan massa ini diterima Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Sahril. Dikesempatan itu, Syahril mengatakan, pihaknya bersama BK akan mempelajari permintaan dari kader Partai Gerindra ini terkait pengajuan surat PAW Dasrianto ke gubernur tersebut.

"Saya tidak tahu pasti kenapa masih ditahan Walikota," katanya. (rdi)