BENGKALIS, GORIAU.COM - Bupati Bengkalis, H Herliyan Saleh mengajak seluruh pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Bengkalis untuk mendukung 13 instruksi presiden RI dalam upaya suksesnya pesta demokrasi Pemilu 2014.


Ke-13 Instruksi Presiden itu adalah sukseskan Pemilu 2014, belajar dari pengalaman Pemilu 2009 (pertahankan yang baik dan sempurnakan yang belum baik), pedomani semua peraturan perundang-undangan mengenai pemilu, pahami wewenang; tugas dan funsi masing-masing, cegah penyimpangan dan pelanggaran hukum dalam pelaksanaan pemilu, cegah kekerasan dan benturan dalam pelaksanaan Pemilu 2014, dan jaga akuntabilitas serta transparansi penyelenggara dan peserta pemilu serta aparat pemerintah.


Kemudian berikan pemahaman kepada masyarakat. Bila ada protes dari peserta pemilu agar dilakukan secara tertib dan damai, kepada pers dan media massa agar melakukan pemberitaan yang akurat dan konstruktif, kepada jajaran pemerintah mulai dari menteri hingga lurah agar tetap mengutamakan dan melaksanakan tugas-tugas di pemerintahan, jaga netralitas TNI dan Polri, jajaran pemerintah pusat dan daerah agar membantu kelancaran penyelenggaraan pemilu 2014 sesuai dengan ketentuan perundang-undangan, dan terakhir, gunakan anggaran sebaik-baiknya, pastikan tidak ada penyimpangan.


''Saya mengajak semua pihak untuk bahu membahu mensosialisasikan pemilu pada masyarakat agar menggunakan hak pilihnya sebagai warga negara. Selain itu, seluruh pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis juga dituntut untuk berperan aktif mendukung dan menjaga suasana pelaksanaan pemilu agar aman dan kondusif,'' pesan Bupati pada upacara Hari Kesadaran Nasional, Senin (17/2).


Dalam rangka pengamanan pelaksanaan Pemilu 2014, jajaran Polri saat ini tengah menggelar operasi Mantap Brata 2014 untuk menjamin terciptanya suasana nyaman, tertib dan aman jelang pelaksanaan pemilu maupun pasca pemilu.


''Sebagai warga negara kita punya tanggungjawab membantu petugas kepolisian maupun TNI untuk menciptakan situasi nyaman, tertib dan aman di lingkungan masyarakat,'' ajak Bupati.(jfk)

Punya info menarik di sekitar anda atau ingin berbagi berita silahkan sms ke 081365093962 atau via email: goriau2012@gmail.com (lengkapi data diri atau instansi untuk berita warga dan rilis)