RENGAT, GORIAU.COM - Sekretaris DPRD Indragiri Hulu telah surati pimpinan Partai Politik (Parpol) peraih kursi tentang permintaan nama-nama anggota fraksi. Bahkan, sambil berjalan atau sebelum terbentuknya fraksi, DPRD Inhu mulai menggodok tata tertib (Tatib) dewan.

''Pasca pelantikan, kami sudah menyurati masing-masing pimpinan Parpol untuk menyampaikan nama-nama anggota fraksi. Kepada masing-masing pimpinan Parpol untuk secepatnya menyampaikan nama-nama tersebut,'' ujar Sekwan Inhu, H Edi Warman, Rabu (10/9/2014).

Menurutnya, dari jumlah kursi yang ada di DPRD Inhu saat ini, diprediksi jumlah fraksi mencapai 6 hingga 7 fraksi. Sebab, untuk saat ini Parpol yang memiliki minimal 4 kursi mencapai 6 Parpol diantaranya Golkar, PDIP, Demokrat, PPP, Hanura dan Gerindra.

Selain itu, ada sejumlah Parpol lainnya yang berpeluang membentuk 1 fraksi gabungan. “Ini hanya sebatas prediksi awal untuk pembentukan fraksi dan semua itu merupakan kewenangan masing-masing Parpol,” ungkapnya.

Kemudian Edi menyebutkan, untuk jumlah Komisi di DPRD Inhu saat bertambah menjadi 4 komisi yang sebelumnya hanya 3 komisi. Dimana pembentukan Komisi itu bersamaan dengan alat kelengkapan dewan lainnya yakni Banggar, Banleg, BK dan lainnya.

Ketika ditanya target pembentukan fraksi dan alat kelengkapan dewan lainnya. Samsudin mengatakan, berdasarkan surat yang disampaikan kepada masing-masing pimpinan Parpol disebutkan agar secepatnya. Sehingga, untuk pembentukan fraksi dan alat kelengkapan dewan itu, secepatnya dapat dibentuk.

Bahkan Ketua DPRD Inhu sementara, Samsudin juga optmis pembahasan RAPBD 2015 dapat dilaksanakan sebelum akhir tahun. “Saya optimis dalam beberapa waktu kedepan, fraksi dan alat kelengkapan dapat dibentuk hingga akhirnya RAPBD 2015 dapat dibahas sebelum akhir tahun,” tegasnya. (wsr)