BENGKALIS, GORIAU.COM - Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bengkalis bakal dilaksanakan pada 16 Desember 2015, serentak di 204 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Tahapan Pilkada baru dimulai awal atau pertengahan tahun 2015.

Hal itu diungkapkan anggota KPU Bengkalis, Khairul Saleh terkait Pilkada serentak yang akan dilaksanakan tahun 2015 mendatang. Pelaksanaan pilbup di Bengkalis sendiri sesuai jadwal terbaru yang ditetapkan KPU Pusat pada kegiatan Rapat Kordinasi Nasional (Rakornas) pada tanggal 17 Desember 2014 di Convention Center Ancol Jakarta sama dengan kabupaten dan kota lainnya di Indonesia yang masa jabatan kepala daerahnya berakhir tahun 2015.

''Seandainya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) nomor 01 tahun 2014 diterima DPR.RI, maka pelaksanaan pemilihan bupati Bengkalis dilakukan bersamaan dengan daerah lain di Indonesia yang masa jabatannya habis tahun 2015. Pemilihan itu sendiri sesuai time schedulle yang disepakati di rakornas adalah tanggal 16 Desember 2015 untuk putaran pertama,'' jabar Khairul Saleh, Kamis (19/12/2014).

Kemudian sambung pria akrab disapa Atah ini, apabila pemilihan kepala daerah diikuti banyak calon, dan tidak ada suara tertinggi sesuai aturan maka akan dilanjutkan pada putaran kedua. Untuk putaran kedua sendiri jadwal pemilihan akan dilakukan pada bulan Maret tahun 2016, juga dilaksanakan serentak dengan daerah lain yang harus melaksanakan pilkada dua putaran.

Selanjutnya pada Pilkada mendatang, untuk kabupaten dan kota yang dipilih yang akan dipilih masyarakat hanya bupati atau walikota saja. Sementara untuk wakil bupati maupun wakil walikota akan ditentukan oleh kepala daerah terpilih. Dimana pada pilkada mendatang tidak ada lagi pasangan calon kepala daerah, hanya calon tunggal kepala daerah yang dipilih rakyat.

''Tidak ada lagi pasangan calon bupati atau walikota pada pilkada tahun 2015. Saat ini KPU sendiri selaku pelaksana pilkada, masih menunggu petunjuk tekhnis (juknis) dan petunjuk pelaksanaan (juklak) tentang tahapan, tatacara kampanye atau yang bersifat tekhnis pada pilkada tahun depan,'' kata Atah.

Menjelang Pilkada 2015, masyarakat di Kabupaten Bengkalis sendiri sudah mulai terlihat antusias karena sejumlah bakal calon bupati sudah memproklamirkan diri maju. Bahkan ada bakal calon yang sudah turun ke desa-desa menemui masyarakat seperti yang dilakukan Normansyah Wahab mantan wakil bupati Bengkalis 2005-2010, Amril Mukhminin anggota DPRD Bengkalis dan incumbent Bupati Bengkalis, Herliyan Saleh.(jfk)