PEKANBARU, GORIAU.COM -Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kota Pekanbaru menyebut ada sebanyak 9 tempat pemungutan suara (TPS) terisolasi sehingga rawan terjadi kecurangan termasuk jual beli suara.

Sejumlah TPS yang dimaksud itu berada di Kelurahan Geringging, Kecamatan Rumbai. Menurut Ketua Panwaslu Pekabaru Budi Candra, Selasa (3/9/2013), sembilan TPS tersebut dipetakan menjadi lokasi rentan dan patut diwaspadai penyusup karena akses menuju daerah tersebut sangat jauh dan sulit ditempuh.

Untuk sampai ke Kelurahan Geringging, kata dia, harus memutar terlebih dahulu ke Perawang, Kabupaten Siak. "Waktu yang dibutuhkan cukup lama dan untuk sampai ke daerah tersebut juga harus melalui akses yang cukup sulit. Dengan kondisi demikian, sangat rentan ada tim sukses yang menyusup hingga menerapkan sistem politik uang. Bisa jadi," katanya.

Untuk mengantisipasi sistem politik yang terkondisi di daerah tersebut, demikian Candra, telah disiapkan petugas pengawas lapangan (PPL). "Kami juga telah meminta kepada pihak Panwascam (Pengawas Pemilu Kecamatan) Rumbai untuk menempatkan PPL-nya di sembilan TPS tersebut," katanya.

Candra mengatakan, pihanya juga tengah mewaspadai adanya kecurangan di sejumlah TPS lainnya, khususnya yang berada di daerah Kecamatan Tenayan Raya yang berbatasan dengan Maridan, Kabupaten Siak.

"Namun kondisinya tidak serentan di Kecamatan Rumbai. Kami juga menyiapkan PPL melalui Panwascam Tenayan Raya," demikian Candra.(fzr)