DUMAI, GORIAU.COM - Pelaksanaan sidang pleno rekapitulasi jumlah suara pada pileg tingkat Kota Dumai yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Dumai hingga saat ini masih belum rampung.

Dalam pantauan HMD di lokasi pelaksanaan sidang pleno masih terdapat polemik yakni tidak singkronnya jumlah suara antara jumlah suara sah dan tidak sah. Hal tersebut mengakibatkan terjadinya hujan interupsi oleh masing-masing saksi parpol.

Dalam hal ini Himpunan Mahasiswa Dumai mencurigai KPU Dumai yang tetap ngotot tidak mau membuka kotak suara untuk dilakukannya penghitungan ulang jumlah surat suara.

''Kita mempertanyakan sikap KPUD Dumai yang sampai saat ini tidak mau melakukan penghitungan suara ulang, padahal seperti yang telah diketahui banyak dijumpai ketidak cocokan jumlah angka suara yang di rekap,'' ujar Siswanda Koordinator Gerakan pemilu Bersih HMD, khususnya di kecamatan Dumai Timur yang sampai saat ini menjadi temuan dan polemik hingga sempat mengakibatkan dipendingnya sidang mulai dari semalam.

Kenapa KPU dan Panwaslu Dumai keberatan untuk membuka kotak suara untuk membuktikan dan meluruskan hasil sebenarnya.

''Sementara di daerah lain seperti Kampar, Rohul saja dapat melakukan PSU, padahal permasalahannya hampir sama. Kenapa Dumai sendiri tidak berani melakukan PSU tersebut? ini menjadi pertanyaan besar bagi kita, kita mencurigai ada apa sebenarnya dengan Dumai untuk mengungkapkan kebenaran?'' tanyanya.

Ketua HMD Cabang Dumai Abdul Rasyid menambahkan, penyelenggara pemilu harus lebih terbuka menerima masukan dan permintaan dari peserta sidang didalam forum. Mari bersama-sama kita ungkap kebenaran, kita cari kepastian sehingga hal ini tidak berlarut-larut sampai pelaksanaan pleno ini dapat berjalan sebagaimana mestinya, kami yakin tidak begitu susah untuk dilakukan penghitungan ulang karena hanya PPS yang bermasalah saja dilakukan PSU tersebut.

''Kami dari Himpunan Mahasiswa Dumai (HMD) berharap agar penyelenggara Pemilu dapat lebih terbuka dan bijak dalam mengambil keputusan, semoga pelaksanaan sidang pleno ini dapat berjalan dengan lancar dan kondusif sehingga dapat menghasilkan keputusan yang dapat di terima tanpa ada masalah dikemudian harinya. Sampai saat ini HMD bersama dengan FMPD serta elemen mahasiswa lainnya terus melakukan pantauan dalam pelaksanaan sidang pleno KPUD kota Dumai,'' tutupnya. (rls)