BANGKINANG, GORIAU.COM - Bakal calon Gubernur Riau H Jon Erizal SE MBA, mengakhiri Safari Ramadhan 1433 H dengan melakukan sahur bersama warga dan tokoh masyarakat di rumah Edi Candra, Desa Sungai Jalau, Kecamatan Kampar Utara, Kabupaten Kampar, Rabu (15/8) dini hari. Selanjutnya, Jon Erizal dan keluarga akan merayakan Idul Fitri di kampung halamannya di Parit Bangkung, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis.

Tuan rumah Edi Candra kepada wartawan mengatakan semula dirinya ragu untuk menjamu Jon Erizal yang dikenal sebagai petinggi PAN dan pengusaha sukses dari Jakarta. Maklum, rumah kediamannya sangat sederhana, hanya rumah panggung kecil berdinding papan. Jadi dia malu untuk menjamu bakal calon Gubernur Riau 2013-2018 itu. Namun setelah diyakinkan oleh tim pemenangan Jon Erizal, akhirnya bapak tiga anak itu bersedia.

Hadir dalam sahur bersama itu Kepala Desa Sungai Jalau Nirwan Amiruddin, ninik mamak dan sejumlah tokoh masyarakat dan pemuda. Dalam sambutannya, Nirwan dan warganya menyambut baik kehadiran Jon Erizal dan rombongan. Menurutnya, baru kali ini ada tokoh sekaliber Jon Erizal yang sahur bersama warga di rumah yang sangat sederhana pula. ''Bagi kami hal ini merupakan suatu kehormatan,'' ujarnya.

Nirwan menceritakan kondisi umum Desa Sungai Jalau yang berada di tepian Sungai Kampar. Sebagian besar warga setempat hidup dari bertani dan nelayan. Tingkat penghasilan mereka juga masih rendah dan perlu mendapat perhatian. Namun demikian rata-rata anak-anak mereka bersekolah, bahkan sudah banyak yang mengenyam pendidikan tinggi. ''Jika Pak Jon nanti jadi gubernur, ekonomi dan pendidikan inilah yang harus mendapat perhatian serius,'' ujarnya dengan logat Kampar yang khas.

Jon Erizal berterima kasih atas kesediaan warga dan tokoh masyarakat untuk sahur bersama-sama. Hal ini membuktikan bahwa masyarakat Riau memiliki budaya kebersamaan dan silaturrahmi yang tinggi. Budaya ini perlu terus dipupuk dan digalakkan. ''Tanpa kebersamaan, tolong menolong dan silaturrahmi, agaknya sulit bagi kita untuk menyelesaikan suatu masalah yang dihadapi masyarakat,'' ujarnya. ''Bukankah silaturrahmi itu membuat panjang umur dan murah rezeki?'' timpalnya sambil menyetir hadis nabi.

Sebelumnya pada tengah malam sampai Rabu dini hari, Jon Erizal dan rombongan bersilaturrami dengan warga dan pemuda di Langgini, Bangkinang. Ratusan warga, terutama pemuda dari beberapa kecamatan, kecuali XIII Kotokampar, hadir di rumah salah seorang warga. Berbagai pertanyaan dan aspirasi disampaikan oleh tokoh pemuda Irvan Gondrong dan penyanyi Ris Patopang. Pada dasarnya mereka menyatakan siap mendukung Jon Erizal jadi Gubernur Riau dan meminta komitmennya untuk warga Kampar. ***