KUALA CENAKU, GORIAU.COM - Ribuan orang menghadiri peringatan Israk Mikraj Nabi Besar Muhammad SAW tingkat Kecamatan Kuala Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) yang dipusatkan di Lapangan Desa Teluk Sungkai, Sabtu (15/6/2013) lalu. Pasangan Bakal Calon Gubernur Riau dan Wakil Gubernur Riau, H. Jon Erizal, SE, MBA dan H.R. Mambang Mit, serta Wakil Bupati Inhu, Harman Harmaini sengaja hadir memenuhi undangan.

''Bagi kami ini suatu kehormatan karena Israk Mikraj tingkat kecamatan dihadiri Bapak Wakil Gubernur Riau H.R Mambang Mit dan Bakal Calon Gubernur Riau, Bapak H. Jon Erizal,'' ujar Kepala Desa Teluk Sungkai, Rosmizar.

Hadir semua kades se-Kuala Cenaku yakni Kades Pulau Gelang R. Zakaria, Kades Tambak Khaidir, Kades Rawa Asri Mulyono, Kades Rawa Sekip Mukadim, Kades Kuala Cenaku Mulyadi, Kades Pulau Jumat Syaifullah, Kades Sukajadi Tarmuji dan Kades Tanjung Sari Tarmuji dan Pengurus PATRI (Perhimpunan Anak Transmigran RI) Riau Sunardi.

Rosmizar mengharapkan pasangan JE-MM memperhatikan desa jika terpilih menjadi Gubernur Riau dan Wakil Gubernur Riau pada Pilgubri, 4 September nanti.

''Masih banyak infrastruktur desa yang perlu dibenahi seperti jalan desa, sekolah, sarana ibadah, air bersih dan sarana kesehatan,'' ujarnya mewakili teman-teman sesama kades. Apalagi, katanya, Inhu termasuk daerah yang APBD-nya terkecil bandingkan daerah-daerah lain di Riau.

Wakil Bupati Inhu, Harman Harmaini membenarkan sebagian dari 430 ribu warga Inhu masih dibawah garis kemiskinan. APBD Inhu masih terlalu kecil untuk membangun 158 desa dan kelurahan serta 114 kecamatan. APBD Provinsi Riau hanya membantu Rp 100 milyar. ''Kedepan kami berharap pemerintah Provinsi Riau lebih memperhatikan Inhu ini,'' ujarnya.

Sebenarnya, menurut Harman, Inhu punya potensi alam yang besar. Selain kelapa sawit, bahan tambang juga banyak seperti migas, kaolin, mentolin,mangan, pasir kuarsa dan lain-lain. Namun belum tergarap secara baik. ''Sebenarnya di atas minyak, di bawah minyak. Namun belum digarap secara maksimal,'' tuturnya.

Bakal Calon Gubernur Riau Jon Erizal optimis potensi yang dimiliki Inhu itu akan dapat digarap dengan baik untuk kesejahteraan masyarakat. Berdasarkan pengalamannya sebagai pengusaha migas dan pertambangan, potensi yang ada tersebut harus dikelola secara professional. Caranya, dengan memberdayakan BUMD dan mengangkat orang-orang professional. ''Sehingga hasilnya masuk ke kas daerah, termasuk kas kecamatan dan desa,'' ujarnya.

Menurut Mambang Mit, pasangan JE-MM adalah pasangan ideal yang merupakan perpaduan antara pengusaha professional dan birokrat berpengalaman. Keduanya telah berbagi tugas agar pembangunan dapat berjalan maksimal. Dengan jaringan yang dimilikinya, JE akan membawa APBN lebih banyak lagi ke Riau, menggaet investor dan memberdayakan BUMD. Sedangkan Ayah MM bertugas menjalankan pemerintahan yang baik. ''Ini komitmen kami,'' kata Ayah MM. (rls)