PANGKALAN KERINCI, GORIAU.COM - Bakal calon Gubernur Riau yang diusung PAN dan PKS, H. Jon Erizal, SE, MBA, menghadiri puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-13 Kabupaten Pelalawan dalam Sidang Paripurna Istimewa DPRD Pelalawan di Gedung Daerah, Pangkalan Kerinci, Jumat (12/10/2012). Dalam kesempatan itu, Bupati Pelalawan H.M Harris menyampaikan apresiasinya kepada Jon Erizal yang sengaja hadir dari Jakarta.

''Dalam kesempatan ini juga hadir tokoh masyarakat Riau di Jakarta, Bapak Jon Erizal. Beliau ini banyak membantu saya dalam berhubungan dengan kementerian di Jakarta. Terima kasih atas kehadirannya,'' ujar Harris dalam sambutanya pada Sidang Paripurna Istimewa DPRD Pelalawan yang dipimpin Ketua DPRD Pelalawan Zakri.

Jon Erizal hadir dengan memakai pakaian Melayu lengkap berwarna abu-abu. Bendahara Umum DPP PAN itu duduk sederet dengan tokoh-tokoh lainnya seperti Azwar AS, Prof Dr Tengku Dahril, Kasim Fasda Bino, mantan Wakil Bupati dan Bupati Pelalawan Rustam Effendi dan Ketua KPU Riau Tengku Edi Sabli.

Sebelum menghadiri Sidang Paripurna Istimewa DPRD Pelalawan, Jon Erizal dijamu sarapan pagi di kediaman dinas Bupati Pelalawan.

Bupati Pelalawan H.M Harris mengucapkan terima kasih kepada semua lapisan masyarakat Pelalawan yang telah memberikan dukungan penuh kepada pemerintah daerah sehingga di usia ke- 13 tahun, Pelalawan telah memperoleh kemajuan yang berarti. Kemajuan itu antara lain, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) mencapai 73,59, dan diharapkan tahun 2016 mencapai 78,5. Angka kemiskinan turun dari 14,51 persen (2010) menjadi 12,80 persen pada tahun 2011.

Harris juga memaparkan pembangunan yang sedang gencar-gencarnya dilaksanakan. Antara lain, pembangunan PLTG sebesar 15 MW yang diharapkan selesai akhir tahun ini. Selain itu, pembangunan Teknopolitan Pelalawan yang menelan dana Rp 67 triliun. Proyek ini merupakan program MP3EI (Master Plan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia) yang dimulai 2013-2025.

Kemudian, Ekowisata Bono yang telah dipromosikan ke tingkat dunia. ''Alhamdulillah, kedua proyek ini dibiayai oleh pemerintah pusat melalui Menko Perekonomian Hatta Rajasa, dan itu tak terlepas dari bantuan Pak Jon Erizal,'' ujarnya.

Siangnya, setelah sholat Jumat bersama di Masjid Agung Ulul Azmi, Kompleks Bhakti Praja, Jon Erizal bersama Bupati Pelalawan Harris dan tokoh-tokoh masyarakat serta undangan lainnya, termasuk kepala desa se Pelalawan, menghadiri Syukuran HUT ke-13 Kabupaten Pelalawan. Acara tersebut diisi dengan lantunan lagu-lagu Melayu dan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba dalam rangka HUT ke-13 Kabupaten Pelalawan. (rls)