PEKANBARU, GORIAU.COM - Tokoh masyarakat Riau H Herman Abdullah genap berusia 63 tahun. Ulang tahunnya ini diperingati dengan syukuran diikuti ribuan masyarakat.

Bayangkan saja, kalau syukuran ulang tahun Herman Abdullah begitu antusias masyarakat, tentunya kredibelitas sebagai seorang tokoh tidak diragukan lagi.

Acara syukuran ulang Herman yang juga calon Gubernur Riau 2013-2018 digelar Kamis dini hari (18/7/2013) di lapangan Jalan Kuras, Kampung Baru Senapelan.

Meski hujan mengguyur acara syukuran itu, tapi tidak mengurangi antusias warga datang dari berbagai wilayah Pekanbaru untuk berdoa dalam syukuran tokoh Riau ini.

Sekitar 2000 warga datang ke lokasi acara syukuran hari lahirnya Herman Abdullah. Herman Abdullah beserta isteri Hj Evi Mairoza Herman di lokasi acara disambut oleh kompang khas tradisi masyarakat Melayu, kemudian memasuki tenda yang berukuran besar di padati masyarakat yang hadir.

Warga menyalami Herman Abdullah dan isteri dengan penuh penghormatan, bahkan seperti masyarakat menyalami gubernur.

Ketika Herman duduk di kursi, secara surprise (kejutan) panitia menyodorkan nasi tumpeng berukuran besar untuk dipotong Herman dan isteri sebagai bentuk syukurnya kepada Allah, SWT yang mengambil momen detik-detik hari kelahirannya 63 tahun silam.

Acara itu juga disemarakkan dengan pembagian hadiah doorprize, pemberian bantuan PDTA Al Fatah dan bingkisan berupa kain sarung dan sembako bagi masyarakat lanjut usia (lansia).

H Ali Sofyan yang dipercayai sebagai pihak panitia penyelenggaraan acara ulang tahun Herman Abdullah ini mengatakan, acara seperti ini merupakan yang ke empat kali diadakan oleh masyarakat Pekanbaru khususnya Senapelan.

''Inilah salah satu bentuk syukuran yang membudaya di tempat kami, acaranya tidak jauh beda dengan tahun-tahun sebelumnya,'' katanya.

Ditambahkannya, acara milad Herman ini jauh-jauh hari direncanakan yang diprakarsai oleh Ketua LPM Kecamatan Senapelan, Sarjoko atau lebih akrab dikenal Asun. ''Mudah-mudahan mendapat berkah,'' katanya.

Ketika ditanya bagaimana ia melihat sosok Herman, Ali Sofyan mengatakan Herman Abdullah seorang figur dan pemimpin yang baik memimpin. ''Pak Herman orangnya jujur, amanah dan dansangat religus. Saya kira dia paling pas jadi pimpinan Riau kedepan,'' katanya.

''Alhamdulillah, saya sangat Fit Herman Abdullah dalam ulang tahun ke 63 ini, mengucapkan puji syukur kepada Allah diusia yang tidak muda secara fisik, tapi masih sangat fit.

''Alhamdulillah saya sangat sehat dan fit,'' ujarnya.

Ia berharap dan minta didoakan agar kedepan tetap dan tambah sehat. Tak lupa ia meminta pada Allah SWT agar tetap diberikan kesempatan meningkatkan iman dan taqwa.

''Bertepan ulang tahun ini bulan Ramadhan ini mudah-mudahan kita semua bisa meningkatkan amal ibadah kita,'' katanya.

Herman mengatakan, waktu yang paling tepat untuk menenangkan pikiran dengan mendekatkan diri di sisi Allah, SWT.

Ia mengatakan, mengingat dalam waktu dekat ini akan ada pesta politik pilgubri dimana Herman juga masuk salah satu kandidat, dia mengingatkan agar terus menjaga persatuan dan kesatuan.

''Mari kita saling menjaga persatuan dan kesatuan jaga ke kompakan bahwa negeri Riau ini negeri Melayu bermarwah,'' katanya.

Ia menambahkan, daerah ini memiliki potensi besar untuk digarap demi kepentingan rakyat, memakmurkan dan mensejahterakan rakyat.

''Kita berkeinginan Riau bisa lebih maju kedepan, setidaknya sejajar dengan provinsi tetangga,'' ucapnya.

Turut Hadir selain Herman Abdullah dan Hj Evi Mairoza juga terlihat keluarga besar Herman center provinsi maupun kota Pkanbaru dan korwil-korwil kabupaten dan kota se Riau. (rls)