BENGKALIS, GORIAU.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU)m Bengkalis, akhirnya hanya melakukan verifikasi faktual terhadap 14 partai setelah dua partai yang lulus verifikasi administrasi nasional tidak memiliki kepengurusan di Kabupaten Bengkalis. Du partai yang tak punya kepengurusan di Bengkalis adalah Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dan Partai Demokrasi Pembaruan (PDP).

''Dari 16 parpol yang lolos administrasi tahap pertama, dua parpol tidak dilanjutkan ke tahap verifikasi faktual di Bengkalis yaitu Hanura dan PDP, sebab kedua parpol memiliki kepengurusan untuk Kabupaten Bengkalis,'' ungkap Ketua KPU Bengkalis, Iskandar, Jumat (9/11/2012).

Menurut Iskandar, meskipun kedua partai tersebut tidak mengikuti verifikasi faktual di Kabupaten Bengkalis tidak otomatis dapat mengikuti Pemilu 2014 mendatang. Sesuai dengan aturan, minimal 75 persen mewakili parpol tersebut di se-Provinsi Riau.

Ditambahkan Iskandar, saat ini proses verifikasi faktual tahap awal kepada seluruh parpol di wilayah Kabupaten Bengkalis masih berlangsung. Ia menjelaskan, verifikasi faktual untuk mengetahui keabsahan sebagai peserta Pemilu 2014 mendatang diantaranya, kepengurusan dalam parpol seperti 30 persen harus diwakili kaum perempuan, kemudian domisili kantor yang jelas dan verifikasi faktual secara random atau acak 10 hingga 20 persen kebenaran anggota parpol di setiap kecamatan.

''Setelah melalui tahap ini, kita akan melakukan rekapitulasi hasil verifikasi aktual tahap pertama. Setelah hasilnya diketahui, kita akan memberikan kesempatan kepada masing-masing parpol untuk melakukan perbaikan, apabila nantinya ditemukan kekurangan,'' katanya. (jfk)