RENGAT, GORIAU.COM - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat kabupaten Indragiri Hulu membantah, kehadiran mereka ke kabupaten Rohul, Sabtu (29/9/2012) untuk memberikan dukungan ke Achmad sebagai calon Gubernur Riau dari Demokrat.

Pernyataan tersebut disampaikan Sekum PD Inhu, Supri Handayani kepada wartawan, Minggu (30/9/2012). ''Kehadiran kami seluruh DPC PD se Riau ke Rohul memang atas undangan Achmad, untuk menghadiri pelantikan DPAC se Rohul dan pengurus ranting Demokrat di Rohul, bukan berarti kami sudah memberikan dukungan kepada Achmad,'' tegas pria yang biasa disapa Ando ini.

Selain itu, Ando juga mengatakan kehadiran para DPC juga untuk bersilaturrahmi dengan Ketua Umum PD, Anas Urbaningrum dan Sekjen Edhie Baskoro Yudoyono.

Dikatakannya, DPC PD Inhu menghargai apa yang telah dilakukan Achmad sebagai Ketua DPC Rohul, namun tidak ada acara atau pernyataan dukung mendukung dalam acara tersebut. ''Apalagi dalam acara tersebut, Anas menyatakan bahwa pihak DPP PD belum memberikan rekomendasi kepada siapapun''.

Ando juga menyatakan, DPC merupakan salah satu mesin partai Demokrat dan harus siap memenangkan siapapun calon gubernur Riau, yang nantinya di rekomendasikan oleh majelis tinggi DPP PD.

''Di Riau, kami juga punya ketua DPD, yang tentunya juga harus kita hargai. Namun siapa pun berhak ditunjuk DPP. Jadi jangan ada yang mengklaim diri sudah mendapatkan rekomendasi dari DPP, ataupun sudah mendapatkan dukungan dari DPC, karena DPC juga berpedoman pada rekomendasi DPP,'' jelasnya.

Sebelumnya, suasana dukung mendukung dalam Pilgubri 2013 sudah mulai muncul. Salah satunya dari Bupati Indragiri Hulu Yopi Arianto. Saat hadir dalam pelantikan DPC PD Inhu 5 Mei 2012 lalu, sudah mengutarakan mendukung Mambang Mit secara pribadi.

''Saya menilai peluang Pak Mambang Mit jadi Gubernur Riau masa mendatang cukup besar,'' ujar Yopi saat memberi sambutan dalam acara pelantikan pengurus DPC Demokrat Inhu, Sabtu (5/5/2012) lalu di Dang Purnama Rengat.

''Pada 2013 silakan kader Demokrat jadi Gubernur. Setelah periode itu saya akan maju,'' kata Yopi disambut tepuk tangan hadirin.

''Kepada wartawan yang hadir, tolong ditulis besar-besar. Bahwa saya, mendukung sepenuhnya orang tua kita, Mambang Mit, menjadi orang nomor satu di Riau pada Pemilukada 2013 nanti,'' pinta Yopi dari podium.

Mambang Mit adalah putra terbaik Inhu yang ikut mencalonkan diri sebagai Gubri, itulah salah satu alasan Yopi Arianto mensukseskan kemenangan HR Mambang Mit pada Pilgubri tahun depan, ''Ini perlu kita dukung. Sebab, sepanjang sejarah, putra terbaik Inhu belum pernah menjadi orang nomor satu di Riau melainkan hanya pada posisi wakil saja,'' ungkap Yopi.

Menurut Yopi lagi, alasan lainnya mengapa Ia tidak ikut mencalonkan diri pada Pilgubri adalah sekaligus memberikan dukungan kepada Mambang Mit secara pribadi, dia tidak mau mengulangi sejarah Pilkada Inhu tahun 2009 silam yang konotasinya dia sebagai orang yang masih muda bertarung dan mengalahkan orang yang sudah tua.

''Saya tidak mau terulang sejarah Pilkada di Inhu kemarin, maka untuk menghindari itu, mari kita bersatu menghantarkan orang tua kita menjadi orang nomor satu di Riau,'' papar Yopi.

Ketua DPD Demokrat Riau HR Mambang Mit juga sempat mengucapkan terima kasih atas dukungan saat itu. Dia menilai apa yang diungkapkan Bupati Inhu adalah murni dari hati nurani. Karena itu tak mungkin muncul jika tak dengan keikhlasan. ''Umur saya sudah 63. Tapi mendengar dukungan dari Bupati Inhu, saya merasa muda kembali serasa berumur 36. Kalau sudah dapat dukungan dari Bupati Inhu, lautan api pun saya seberangi,'' ucapnya.

Pada acara pengukuhan itu, PD Inhu juga resmi mendukung Mambang Mit dan saat itu juga disampaikan langsung pernyataan sikap DPC Demokrat Inhu.

Ketua Demokrat Inhu Arwan Citra Jaya dalam sambutan mengatakan, pihaknya siap mensukseskan Mambang dalam memenangkan Pilgubri 2013.

Di kesempatan yang sama, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PD Kab. Inhu, membacakan surat pernyataan sikap yang diserahkan kepada Ketua DPD PD Riau, Mambang Mit (MM). Isinya, mendukung sepenuhnya untuk memenangkan pencalonan Wagubri itu pada Pilgubri 2013. Pernyataan sikap itu dikumadangkan Sekjen DPC PD Inhu, Supri Handayani. (wsr)