PASIR PANGARAIAN, GORIAU.COM - Pejabat di jajaran Pemkab Rohul, boleh tidak menghadiri kunjungan kerja Wakil Gubernur Riau, Mambang Mit. Namun masyarakat setempat memberikan dukungan untuk maju Pilgubri.

Masyarakat Rokan Darussalam (Rodas) mendukung Mambang Mit maju dalam pemilihan gubernur Riau pada November 2013 mendatang. Dukungan ini disampaikan tokoh masyarakat Rodas Syafruddin Saan saat mendampingi Wakil Gubernur Riau Mambang Mit saat melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Rokan IV Koto, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), sebagaimana dikutip goriaucom dari riaukitacom, Kamis (4/10/2012).

Turut hadir pada kegiatan tokoh masyarakat Rohul lainnya yakni drh, Chaidir, MM dan Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Provinsi Riau Daswanto.

''Masyarakat Rodas mendukung pak Mambang maju sebagai gubernur Riau agar pembangunan masyarakat lebih merata,'' ujar Syafruddin yang disambut tepuk riuh masyarakat yang menghadiri kegiatan tersebut di lapangan sepakbola Rokan IV Koto

Syafruddin yang juga Wakil Ketua Komisi A DPRD Riau ini mengatakan selama ini pembangunan di Kecamatan Rokan IV jauh tertinggal dari daerah lainnya. Padahal potensi daerah ini sangat besar.

Menurutnya sudah empat kali Rohul berganti bupati mulai dari Nurhasyim, Achmad, Ramlan Zas dan kembali Achmad lagi, jalan jalan dan infrastruktur di Rokan masih buruk.

Menurut Saan, pembangunan jalan di Rokan IV Koto ini lebih banyak dibiayai APBD Provinsi Riau. Misalnya jalan Riau-Sumbar 3 dari Ujung Batu hingga Pasaman. Jalan Cimpang Kanan dan Cimpang Kiri serta jembatan Sei Kijang. Pembiayaan ini pun, lanjutnya terjadi atas perjuangannya selama delapan tahun menjadi anggota DPRD Riau.

Saan menambahkan pemimpin yang memimpin dengan cara politik belah bambu dan pola pola orde baru tidak layak memimpin. Pemimpin model ini, lanjut melakukan pembangunan di daerah yang memilihnya saja. Sedangkan yang tidak memilih, daerahnya tidak akan diperhatikan.

''Masyarakat sekarang sudah cerdas dan tidak bisa dibodoh bodohi lagi,'' ujarnya

Tak Kecewa

Wakil Gubernur Riau, Mambang Mit yang melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Rokan Hulu (Rohul)tak kecewa. ''Saya tidak berkecil hati ketika camat, lurah, RT dan RW tidak bisa hadir pada kegiatan ini. Mungkin masyarakat yang bertanya, kenapa acara silaturahmi seperti ini ternyata pimpinan daerah dan desanya tidak bisa hadir. Tapi ya kita maafkan saja,'' kata Mambang yang disambut tepuk meriah masyarakat di lapangan sepakbola di Kecamatan Rokan IV Koto,Rohul, Kamis (4/10/2012).

Menurut Mambang, sebelum melakukan kunjungan kerja ia sudah melakukan koordinasi dan meminta izin dengan mengirim pesan singkat ke Bupati Rokan Hulu. Namun sang bupati membalas bahwa saat ini dirinya sedang berada di Batam melepas keberangkatan rombongan haji.

Kunjungan kerja ini dilakukan Mambang bersama Wakil Ketua Komisi A DPRD Riau Sapruddin Saan, Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Riau Daswanto serta tokoh masyarakat Rokan Darussalam drh Chaidir MM. Dalam kunjungan ini Mambang sempat mampir ke Pondok Pesantren An-Nabawiyah, Dusun I Pasir Rambah, Desa Rokan Timur, Kecamatan Rokan IV Koto untuk memberikan bantuan. Setelah itu, rombongan wakil gubernur Riau mennyambangi lapangan sepakbola Rokan IV Koto untuk bertemu masyarakat.

Menurut Mambang, potensi sumber daya alam dan manusia di Rokan Darussalam sangat dahsyat. Perkebunan sawit yang luas, potensi batubara dan minyak bumi di Rodas lanjut Mambang sangat luar biasa. Apalagi, banyak tokoh tokoh hebat Riau berasal dari Rodas. Namun sangat disayangkan, pembangunan di Rodas masih tertinggal.

''Jika diberi umum panjang dan diizinkan Allah, saya akan maju pada pemilihan gubernur Riau, November 2013 mendatang. Dan saya akan melakukan pemerataan pembangunan terutama di desa desa,'' ujarnya.

Dengan berbagai pengalaman yang dimiliknya Mambang yakin dapat mewujudkan pemerataan pembangunan tersebut. Mambang pernah selama lima tahun menjadi Sekretaris Kota Batam, kemudian Sekretaris Daerah Provinsi Riau, serta tiga kali menjadi penjabat sementara tiga bupati di Riau dan kini sebagai wakil gubernur Riau. "Saya sudah paham benar tugas tugas gubernur," ungkapnya.

Namun demikian, menurutnya siapun boleh menjadi calon gubernur Riau, bahkan jika ada yang dari Rohul. Karena menurut Mambang tidak ada salahnya bersaing dengan siapapun dalam iklim demokrasi ini. Meskipun begitu, Mambang tetap berharap, berbagai tahapan pemilihan gubernur yang demokratis tersebut jangan dicederai dengan tindakan yang tidak fair seperti menurunkan baleho dan spanduk pasangan lain.

"Untuk itu saya minta kepada masyarakat untuk menjaga baleho para bakal calon gubernur. Janganlah menurunkan baleho orang lain dan menaikkan baleho sendiri. Mari kita jaga bersama," tandasnya. (nti/rkc)