PEKANBARU, GORIAU.COM - Kelima pasangan Cagubri 2013 akan membahas 7 tema dalam Debat Publik, Sabtu (24/8/2013) malam di Labersa Hotel. Debat ini hanya dipandu oleh host, tanpa menggunakan panelis.

Demikian dijelaskan Komisioner KPU Riau Lenna Farida ketika ditemui di ruang kerjanya. Kepada wartawan Lenna Farida mengatakan aca debat akan dimulai pukul 19.00 Wib hingga pukul 21.00 Wib itu akan membahas 7 tema.

"Ada 7 tema yang akan dibahas, diantaranya tema lingkungan, tema pendidikan, tema kesehatan, tema masalah hutan, tema infrastruktur, tema ekonomi , dan tema pertambangan," kata Lenna Farida.

Sementara itu, menurut Heriyanti Hasan yang juga komisioner KPU Riau mengatakan debat kandidat ini tidak menggunakan panelis dengan pertimbangan efektevitas durasi, pembahasan lebih fokus. Heryanti mengaku pertimbangan tidak menggunakan panelis ini adalah hasil rapat antara KPU Riau, Tim Pasangan, dengan Tim Tv Nasional yang akan menyiarkan secara langsung.

"Efektivitas durasi dan fokus debat itu sendiri yang menjadi pertimbangan sehingga disepakati tidak menggunakan panelis. Biar masyarakat bisa mengeksplore pasangan itu sendiri. Pembahasan itu mengenai visi misi mereka juga," kata Heriyanti.(nti)