PEKANBARU, GORIAU.COM - Komandan Korem (Danrem) 031/WB Brigjen TNI Prihadi Agus Irianto melalui Kapenrem 031/ WB Mayor Inf Safriyanto, SSos, mengimbau masyarakat Riau mewaspadai ajakan menjadi pengikut Islamic State Iraq and Syrian (ISIS).

"ISIS adalah kelompok ektrimis yang mengikuti ideologi garis keras Alqaidah dan mematuhi prinsip jihad global. Kelompok ini dianggap lebih berbahaya dari Alqaidah karena mempunyai ribuan personel pasukan perang, Perlu diketahui bahwa ISIS sudah masuk ke Indonesia dan dengan berbagai upaya mereka mengajak masyarakat untuk berjihad. Tetapi jihad yang dilakukan ISIS tidak sesuai dengan ajaran mazhab Islam mana pun. Mereka mengajarkan doktrin atau ajaran yang salah dan yang paling menonjol dari ISIS yaitu selalu menggunakan kekerasan dalam melaksanakan aksi jihadnya," kata Danrem.

Diingatkannya, semua harus sadar bahwa Indonesia bukan Negara Islam tetapi Negara Kesatuan Republik Indonesia. "Bangsa Indonesia selalu menjunjung tinggi keberagaman, yang bertanah air, berbangsa dan berbahasa satu, Namun tidak ada yang mengikat Indonesia dalam satu agama. Maka dari itu, jangan mudah terpengaruh oleh ajakan-ajakan yang menyesatkan yang datang dari negara lain," tegasnya.

Semua pihak, kata Danrem, harus selalu waspada terhadap situasi dan perkembangan yang terjadi di sekitarnya. "Kepada seluruh masyarakat Riau beserta keluarganya, apa bila ada indikasi yang mengajak untuk bergabung dengan kelompok ISIS agar segera melapor kepada pihak yang berwenang, baik di tingkat desa, kepada Babinsa (TNI) atau Babinkumtibmas (Polri), maupun tingkat kecamatan, kepada Danramil dan Kapolsek serta instansi terkait lainnya," imbaunya.rilis