PEKANBARU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru akan melakukan tes tertulis bagi 171 calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Walikota (Pilwako) 2017 mendatang. Tes tertulis ini akan digelar di gedung SMAN 5 Jalan Sawo Pekanbaru besok pagi, Rabu (29/6/2016).

Ketua Divisi Teknis KPU Kota Pekanbaru Mai Andri menyebutkan, mereka yang dilibatkan dalam tes tertulis ini merupakan calon yang dinyatakan lulus syarat administrasi dari 175 pendaftar sebelumnya.

"Berdasarkan hasil pleno KPU, dari 175 yang mendaftar, secara syarat administrasi ditetapkan lulus 17w orang calon. Mereka ini dipilih nantinya lima orang yang terbaik dari masing-masing 12 kecamatan, sekitar 60 orang," kata Mai Andri, Senin (27/6/2016).

Setelah tes tertulis, selanjutnya calon yang dinyatakan lulus akan mengikuti tahapan tes wawancara pada tanggal 11-12 Juli 2016. Hasil dari wawancara selanjutnya akan diumumkan calon terpilih pada 18 Juli 2016 dan dilantik serta ditetapkan pada 20 Juli 2016.

"Kemungkinan pengumaman dan pelantikan dilakukan serentak dengan calon PPS. Karena tes penerimaan calon PPS dimulai pada 29 Juni mendatang," lanjut dia.

Untuk PPS sendiri, KPU mengaku masih kekurangan calon. Karena itu diharapkan pihak kelurahan berpartisipasi mengirimkan usulan minimal 6 orang.

"Untuk PPS itu dari 58 kelurahan akan ditentukan masing-masing 3 orang. Sekarang ini masih kurang, karena ada pihak kelurahan hanya mengirimkan 3 nama. Kalau itu berarti tidak ada selekasi, karena nama yang dikirim pas-pasan. Kami minta pihak kelurahan menambahnya," tutup Mai Andri. ***