PEKANBARU, GORIAU.COM - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau, Tengku Edy Sabli berpendapat, besar kemungkinan dari 28 Balon DPD RI akan ada yang gugur. Prediksi ini berdasarkan banyaknya temuan kesalahan atas dukungan suara masing-masing Balon setelah diverifikasi secara adminsitrasi oleh KPU Riau.

"Besar kemungkinan dari yang 28 itu akan ada yang gugur. Sebab, saat ini sudah banyak di antaranya yang jumlah dukungan tidak sampai," kata Edy, Jumat (3/5/2013) sore.

Diceritakannya, hampir semua Balon mengalami masalah pada berkas dukungan. Sebagian besarnya sudah tidak cukup lagi untuk memenuhi syarat minimal, yakni 3000 dukungan.

"Hal itu diakibatkan akumulasi kesalahan yang kami temukan," ujar Edy.

Karena, titik rawan terjadinya pengurangan dukungan akibat pengurangan 50 dukungan dari satu kesalahan. Kesalahan yang seperti itu, ada pada dukungan ganda dan KTP palsu. Sedangkan kesalahan lainnya, hanya dikurangi satu dukungan.

"Hampir semua Balon mendapat kesalahan ini. Maka, ada yang menyerahkan 4000 dukungan menjadi 1000 dukungan akibat kesalahan," lanjut Edy.

Dengan demikian, katanya, masih ada waktu perbaikan selama 10 hari, yakni 5 Mei hingga 14 Mei mendatang.

"Ini baru verifikasi administrasi. Belum lagi verifikasi aktual. Tentu bisa jadi Balon yang saat ini gugur sebelum ditetapkan menjadi calon," tutupnya.(kha)