RENGAT, GORIAU.COM - Satu dari tiga unsur pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau, akan dijabat oleh seorang perempuan yang juga anak ektransmigrasi, asal Desa Tanah datar, Kecamatan Rengat Barat.

Sumini, S.Pdi merupakan perempuan pertama yang menjadi pimpinan di DPRD Inhu. Tidak tanggung-tanggung, SK penetapan Sumini menjadi Wakil Ketua I DPRD Inhu defenitif itu langsung ditanda tangani Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) selaku partai yang mengantarkannya duduk di DPRD Inhu periode 2014-2019.

Ketua DPC PDI-P Inhu Juanda, kepada GoRiau.Com, Jumat (26/9/2014) via selulernya menyebutkan, penetapan Sumini menjadi Wakil Ketua I DPRD Inhu berdasarkan keputusan DPP, dengan SK Nomor : 5269/IN/DPP/IX/2014.

"SK penetapan Sumini sebagai pimpinan di DPRD Inhu ditandatangani langsung oleh Ketum PDI-P, Megawati Soekarno Putri. SK tersebut akan kita serahkan pada Sekretariat Dewan (Sekwan) untuk ditindak lanjuti", sebutnya.

Dikatakan Juanda yang juga mantan anggota DPRD Inhu itu, setelah ditetapkan sebagai pimpinan di DPRD, diharapkan Sumini dapat berjuang sesuai agenda partai sebagaimana hasil Rakernas PDI-P di Semarang. Diantaranya mengamankan serta mendukung kebijakan Presiden terpilih yang juga dari PDI-P, tegasnya.

Dalam pada itu, Sumini menyebutkan bahwa dirinya akan berupaya semaksimal mungkin dalam menjalankan tugasnya sebagai wakil rakyat dan kader partai.

"Terimakasih atas kepercayaan partai terhadap saya, walau saya seorang perempuan dan anak ekstran, saya akan tunjukan bahwa saya mampu, serta akan berupaya menjalankan amanah masyarakat dan kebijakan partai",ujar Sumini singkat.

Untuk diketahui, sebelumnya DPC PDI-P Inhu mengusulkan tiga nama calon yang akan menjadi pimpinan di DPRD Inhu, yakni R Irwan Toni, Sumini dan Heber Demerius Lubis.(jef)