PASIR PANGARAIAN, GORIAU.COM - Kehadiran orang nomor satu di tubuh Partai Demokrat, Anas Urbaningrum dan pengurus DPP Partai Demokrat di kota Pasir Pangaraian, Rokan Hulu Riau menjadi ajang mencari simpati antara dua kandidat calon Gubernur Riau, HR Mambang Mit dan Achmad. Mambang Mit adalah Ketua DPD Partai Demokrat Riau sedangkan Achmad adalah Ketua DPC Partai Demokrat Rokan Hulu.

Ketua Umum DPP Demokrat Riau, Anas Urbaningrum dan Sekjend Edi Baskoro hadir di Rokan Hulu dalam rangka menyaksikan pelantikan PAC Demokrat se-Rokan Hulu yang dirangkai peringatan HUT Partai Demokrat ke-11 yang jatuh pada tanggal 9 September 2012 lalu. Anas dan rombongan datang menggunakan pesawat carteran dari Jakarta langsung ke Pasir Pangaraian tanpa melalui Pekanbaru, karena selesai mengikuti acara rombongan akan langsung ke Provinsi Kepulauan Riau untuk peringatan HUT Demokrat ke-11.

Sesampainya di Rokan Hulu, DPP Partai Demokrat pun disuguhkan berbagai acara, mulai dari pentasan artis, penyerahan bantuan kepada anak yatim dan dhuafa, hingga pelantikan yang diberengi dengan pidato politik Ketua DPC Partai Demokrat Rokan Hulu, Ketua DPD Partai Demokrat Riau hingga pidato politik Ketua Umum Anas Urbaningrum.

Saat penyampaian pidato inilah antara Achmad dan Mambang Mit saling menonjolkan diri sebagai calon Gubernur Riau pada Pemilihan Gubernur Riau 2013 mendatang. Achmad yang juga sebagai tuan rumah, ternyata sudah menyiapkan video berdurasi pendek untuk menunjukkan kiprahnya membesarkan Partai Demokrat. Mulai dari aksi sosial hingga upayanya membangun konsolidasi partai pun tergambar dalam tayangan yang disaksikan seluruh pengurus DPP yang hadir.

Dan tanpa sungkan-sungkan, Achmad menyatakan niatnya untuk maju sebagai calon Gubernur Riau mendatang. Dia juga menyampaikan loyalitasnya terhadap partai seandainya nanti juga harus mendukung Mambang Mit.

Tak mau kalah dengan Achmad, Mambang Mit --yang juga sudah jauh-jauh hari menyatakan niatnya untuk maju sebagai calon gubernur-- juga menyampaikan keberhasilannya membesarkan Partai Demokrat. Meski baru dua tahunan memimpin Partai Demokrat, Mambang Mit mengungkapkan keberhasilannya memenangkan Pemilukada Kabupaten dan Kota se-Riau. Dari 11 Pemilukada yang sudah digelar, Demokrat sudah memenangkan empat, atau selisih satu dengan Partai Golkar.

Sementara Ketum DPP PD Anas Urbaningrum yang sudah mendengarkan niat keduanya, hanya bisa menjawab dengan gembira adanya dua kader potensial di Demokrat Riau untuk Pilgubri 2013. Meski begitu, Anas mengakui kalau dirinya harus taat pada mekanisme yang ada karena DPP Demokrat memiliki aturan main untuk memutuskan dan menetapkan kader yang akan maju di Pemilukada.

''Majelis Tinggi Partai yang akan memutuskan. Sudah ada mekanismenya dan salah satunya adalah survey elektabilitas kandidat calon, peta politik lokal dan koalisi antarpartai,'' ujar Anas sambil menjelaskan berbagai format politik Demokrat di Pemilukada.

Anas mengatakan bahwa DPP Partai Demokrat hingga kini belum menentukan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur untuk suksesi politik di Riau. Ia beralasan saatnya belum tepat karena masih ada waktu sekitar satu tahun sebelum Pemilihan Gubernur Riau. DPP (Demokrat) juga tak mau buru-buru memutuskan. ''Akan ada waktu yang tepat dan pada tokoh yang tepat,'' jelasnya.

Meski begitu, ia mengatakan DPP akan mensuport kadernya yang berkeinginan maju dalam pencalonan. Hanya saja, keputusan tak bisa diambil terburu-buru untuk mendukung satu calon saja. ''DPP belum putuskan karena bentuk formatnya nanti adalah mengusung pasangan calon gubernur, bukan sendiri-sendiri,'' ujarnya.

Saling Klaim

Sebagaimana diketahui, sebelum datangnya Ketua Umum DPP Partai Demokrat ke Riau, kedua calon, HR Mambang Mit dan Achmad sudah saling klaim mendapat restu dari DPP. Saat berkunjung ke Badan Penanaman Modal dan Promosi Daerah (BPMPD) Riau, Achmad mengaku langkahnya untuk maju dalam Pilkada Riau 2013 sudah direstui Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Demokrat.

''Saya ini kader Demokrat, siapa nanti yang akan menggunakan perahu Demokrat tentu tergantung hasil survei. Siapa yang tertinggi hasil surveinya tentu dia yang akan terpilih. Saya melangkah ini atas izin DPP, saya maju ini direstui DPP,'' ucap Achmad.

Menurut Achmad, DPP memberikan restu bagi semua kader Demokrat untuk mencalonkan diri. Namun, siapa yang akan diusung tentu tergantung hasil survei. Logikanya, semakin banyak kader Demokrat yang maju mencalonkan diri, itu berarti Partai Demokrat semakin bagus.

Sementara itu, Rabu (26/9/2012) malam, sejumlah Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat di Provinsi Riau menyambangi kediaman Anas Urbaningrum guna menyampaikan pernyataan sikap dan dukungan terhadap HR Mambang Mit dalam pencalonan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Riau periode 2013-2018. Pernyataan sikap itu merupakan wujud kesolidan kader partai berlambang mercy tersebut guna memenangkan Pilgub serta Pemilihan Umum 2014.

Sejumlah Ketua DPC yang hadir dalam pertemuan di kediaman Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum di Jakarta, Rabu (26/9) malam, adalah Firdaus MT (Ketua DPC Pekanbaru), Anas Badrun (Ketua DPC Pelalawan), Arwan Citra Jaya (Ketua DPC Indragiri Hulu), Syamsudin Uti (Ketua DPC Indragiri Hilir), Eko Suharjo (Ketua DPC Dumai), Muhammad Ridwan (Ketua DPC Rokan Hilir), Muzamil (Ketua DPC Meranti), Sulaiman Zakaria (Ketua DPC Bengkalis) serta Syamsurizal (Ketua DPC Siak).

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Ketua DPD Partai Demokrat Riau HR Mambang Mit, Sekretaris DPD PD Riau Koko Iskandar serta Koordinator Divisi Komunikasi Publik Tony Hidayat. Sedangkan Ketua DPC Kampar, Eva Yuliana juga menyatakan pernyataan sikap dan dukungannya meski tidak sempat hadir dalam silaturrahmi tersebut.

Saat itu, Anas berpesan khusus untuk HR Mambang Mit agar segera memastikan Partai Demokrat bisa melengkapi kekurangan satu kursi kendaraan politik agar bisa bertarung dalam Pilgub nantinya. ''Itu yang terpenting. Kalau sudah cukup tentu kita memiliki posisi yang kuat untuk membangun koalisi dengan partai lain,'' kata Anas.

Anas juga menyarankan agar HR Mambang Mit melakukan sosialisasi secara maksimal terutama dengan menggunakan mesin partai, media massa serta kunjungan langsung ke masyarakat. Selain itu, Anas meminta DPD PD Riau segera melakukan survey awal guna memberikan gambaran jelas posisi popularitas dan elektabilitas bakal calon yang akan diusung. Kebijakan penentuan calon pastilah akan memperhatikan beberapa aspek, seperti posisi HR Mambang Mit sebagai Ketua DPD, selaku Wakil Gubernur Riau, dan hasil survey.

Sebelumnya pada perhelatan pengukuhan DPC se-Riau, Sabtu (19/5/2012) lalu di Hotel Pengeran, Pekanbaru, Ketua DPD Demokrat Riau, HR Mambang Mit juga menyatakan mendeklarasikan diri maju sebagai Calon Gubernur Riau (Cagubri) 2013. Pendeklarasian diri tersebut disaksikan Ketua Umum DPP Demokrat, Anas Urbaningrum dan Sekjen DPP Demokrat, Eddie Baskoro di hadapan ribuan kader dan simpatisan partai Demokrat Riau.

''Seperti yang diinginkan semuanya, saya nyatakan siap maju sebagai Cagubri 2013. Yang penting DPC selalu berada di belakang saya dan DPP di depan saya. Dan yang paling penting memenangkan apa yang diinginkan masyarakat,'' tegas HR Mambang Mit saat itu.

Saat itu, bak gayung bersambut, DPP Demokrat menyatakan dukungannya dan restunya agar Mambang Mit sebagai kader terbaik Demokrat bisa menjalankan amanat masyarakat Riau sebagai Gubernur 2013 . Ini disampaikan langsung Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Anas Urbaningrum yang didampingi Sekjed Demokrat, Edhi Baskoro. ''Komitmen wakil Gubernur Riau juga merupakan Ketua DPD Demokrat Riau merupakan berkah untuk Demokrat,'' ujar Anas Urbaningrum saat itu. (*/nti)