BENGKALIS, GORIAU.COM - Persiapan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Riau, September mendatang mulai dilakukan KPU Bengkalis. Dan Kamis (28/2/2013) tadi, Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bengkalis, Iskandar, melantik 40 orang Panitia Pemilihan Kecamatan se–Kabupaten Bengkalis di Gedung Daerah.

Pelantikan dihadiri Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh, Ketua Panwaslu Sujarno dan pimpinan partai politik. Bupati dalam sambutannya menyampaikan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sangat strategis dalam menghadapi pemilihan gubernur dan wakil gubernur Riau. Dalam menjalankan tugasnya PPK dituntut bekerja secara profesional, adil dan bijaksana dengan penuh integritas dalam menegakkan demokrasi di Indonesia khususnya di Kabupaten Bengkalis.

Kepada anggota PPK yang baru dilantik, Bupati berharap mengetahui peran dan fungsinya sebagai perpanjangan tangan KPU. Untuk itu jika terdapat hambatan dalam melakukan tugas hendaknya segera melakukan koordinasi dengan pimpinan KPU maupun dengan pihak - pihak lain agar hambatan yang dihadapi bisa teratasi.

Sementara Ketua KPU Bengkalis, Iskandar memaparkan bahwa pelantikan PPK merupakan tahapan awal untuk pemilihan gubenur dan wakil gubenur Riau pada 4 September mendatang. Tahapan selanjutnya adalah verifikasi, pendistribusian surat suara dan lain sebagainya.

Iskandar mengimbau kepada PPK yang baru dilantik, benar-benar menguasai perundang-undangan yang berlaku serta mengetahui dan menguasai tugas pokok dijalankan. Kemudian kepada staf dan anggota KPU tidak diperbolehkan memasuki atau melibatkan diri di partai politik. (jfk)