PASIR PENYU, GORIAU.COM - Tiga perusahan yang berdomisili di Kelurahan Tanah Merah, Kecamatan Pasir Penyu, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau ini dinilai tidak memperdulikan lingkungan dan masyarakat yang tinggal di sekitar area kerja perusahaan tersebut. Tiga perusahaan itu adalah PT. Transportasi Gas Negara (TGI), PT. Perusahaan Gas Negara (PGN) dan PT Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG).

Hal ini diungkapkan oleh mantan Lurah Tanah Merah Afrianto Amd, Selasa (14/5/2013). Dia mengatakan di Kelurahan Tanah Merah, ada tiga perusahaan besar, tapi sangat disayangkan keberadaan perusahan tersebut kurang peduli dengan lingkungan dan masyarakat sekitar.

''Masyarakat sekitar menilai perusahaan-perusahaan ini tidak peduli terhadap lingkungan dan kesejahteraan masyarakat bahkan menurut informasi, program sosial (CSR) tidak pernah mengucur ke masyarakat di Kelurahan Tanah Merah,''papar Afrianto.

Dikatakannya, PT TGI, PT PGN berinvestasi lebih kurang kurun 11 tahun lalu, PT TGI pada tahun 2010 memang pernah menyumbang seng untuk masjid Al Fajri dan begitu juga dengan PT PGN pernah membantu komputer, mesin cetak batu bata dan pemasangan keramik kantor Lutah Tanah Merah. Tetapi apabila dibandingkan dengan lamanya mereka berinvestasi di Kelurahaan Tanah Merah hal ini belumlah seberapa dengan apa yang diberikan oleh masyarakat atau lingkungan yang sangat berdekatan sepanjang jalur pipa gas.

Atas dasar ini, dirinya mengharapkan bisa terjalin kerjasama yang baik antara masyarakat kelurahan dengan pihak investor PT TGI, PT PGN Apalagi jalur pipa gas itu melewati kelurahan sejauh 5 kilometer, dengan jumlah penduduk yang bermukim mencapai 600 kepala keluarga (KK).Kami berharap agar program CSR perusahaan ini hendaknya bisa dikucurkan sebagai wujud kepedulian perusahaan  dengan masyarakat, kata Afrianto.

Saat disinggung PT PLTMG yang juga berdomisili di Kelurahan Tanah Merah, kalau untuk PT PLTMG memang belum lama mereka berdomisili di Kelurahan Tanah Merah ini, tapi sampai sekarang kalau untuk PLTMG belum ada sama sekali membantu masyarakat atau lingkungan kelurahan tanah merah. ''Kiita minta perusahan yang berdomisili di Kelurahan Tanah Merah agar bisa memperhatikannya dan menjalankan CSR untuk masyarakat dan lingkungan Kelurahan Tanah Merah. (aun)