PEKANBARU, GORIAU.COM -Upacara peringatan Hari Jadi ke-69 PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) ke-69 dan Hari Guru Nasional, yang digelar di halaman SMP Kartika 1-5 Pekanbaru, Selasa (25/11/2014) pagi, berlangsung khidmat.  Semua petugas pada upacara tersebut merupakan guru yang mengajar di SMP Kartika 1-5. Sedangkan pembina upacaranya, Wakil Kepala SMP Kartika 1-5 Nawari, SPd.

Hari Guru kali ini bertemakan "Mewujudkan Revolusi Mental Melalui Penguatan Peran Strategis Guru".  Sesuai tema ini, guru dituntut terus-menerus meningkatkan kompetensi di bidangnya dan selalu mawas diri, karena guru adalah teladan bagi anak didiknya.

"Sesuai dengan tema tahun ini , guru dituntut terus-menerus meningkatkan kompetensi di bidangnya dan selalu mawas diri, karena guru adalah teladan bagi anak didiknya. Guru juga diharapkan memiliki empat kompetensi, yaitu kompetensi pedagogik, soail, kepribadian, dan profesional," kata  Nawari dalam amanatnya

Rangkaian kegiatan peringatan Hari Guru di SMP Kartika Pekanbaru sudah dimulai sejak Sabtu ( 22/11/2014) lalu, berupa perlombaan yang diikuti para guru, karyawan dan pihak keamanan di lingkungan SMP tersebut. Diantaranya perlombaan joget balon, membawa bola pimpong dengan sendok, futsal dan memasak mi goreng. Acara ini bertujuan memberikan hiburan kepada para guru yang mengabdi di sekolah itu.

Kepala SMP Kartika 1-5 Nurmaida, MPd, mengucapkan terima kasih kepada guru yang berdedikasi mendampingi anak didik mengikuti perlombaan dan berhasil meraih juara.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada guru yang berdedikasi mendampingi anak mengikuti perlombaan dan berhasil mendapat juara. Seperti Ibu Zulhaini yang mendampingi Qori Maharani mengikuti perlombaan mebaca berita pada Olimpiade Bahasa Indonesia yang dilaksanakan memperingati Bulan Bahasa, yang ditaja SMK Labor Pekanbaru untuk tingkat SMP sederajat se-Kota Pekanbaru," kata Nurmaida.

Nurmaida juga berharap,  peringatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI tahun ini dijadikan momentum oleh para guru untuk meningkatkan semangat menggali ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai tuntutan Kurikulum 2013. "Para  guru diharapkan terus berusaha meningkatkan kualitas pendidikan di SMP Kartika ini, agar anak didik memiliki pengetahuan, keterampilan dan berakhlak mulia," harapnya.

Dalam kesempatan itu, Nurmaida juga berharap agar pemerintah dan pihak terkait selalu memperhatikan kesejahteraan guru, terutama para guru honor.rls