BANDAR PETALANGAN, GORIAU.COM - Beberapa perusahaan ternyata masih bandel untuk tidak mengisi kendaraan mereka dengan BBM subsidi. Seperti yang terjadi di SPBU Nomor 14.283.624, Desa Lubuk Terap, Kecamatan Bandar Petalangan, Pelalawan, Riau.

Pantauan pada Minggu pagi (10/3/2013), di SPBU Nomor 14.283.624, Desa Lubuk Terap, Kecamatan Bandar Petalangan, terlihat truk-truk begitu gampang mengisi BBM di lokasi BBM subsidi. Setelah dikonfirmasi diduga truk-truk itu milik PT Musim Mas. Truk-truk itu juga ikut antri di BBM Solar Subsidi. Ironisnya, petugas SPBU bersedia melayani truk-truk tengki tersebut.

Menurut keterangan warga setempat, truk-truk milik PT Musim Mas itu, bukan sekali dua kali merampas solar untuk masyarakat itu.

"Setiap hari, truk tengki milik PT Musim Mas itu mengisi BBM jenis solar di SPBU. Seharusnya pihak pengelola SPBU tidak melayani armada perusahaan tersebut, karena mereka diwajibkan untuk mengisi BBM khusus industri. Pantas saja, setiap hari solar di SPBU itu menghilang entah kemana, yang tersisa hanya tulisan di pintu masuk SPBU, yakni 'Solar Habis'," terang salah seorang warga Bandar Petalangan, Basran .

Atas kondisi ini, sambungnyam dirinya berharap kepada instansi yang berwenang agar melakukan penertiban atau masyarakat yang bertindak sendiri nantinya.

Di tempat terpisah, anggota DPRD Pelalawan, Nazaruddin Arnazh, sangat menyayangkan ulah perusahaan nakal dan para pengusaha swasta yang dinilai telah mengambil hak masyarakat.

"Perusahaan diwajibkan membeli langsung ke depot Pertamina khusus untuk industri. Namun, sangat kita sayangkan masih ada perusahaan nakal yang merampas solar subsidi yang diperuntukkan masyarakat. Tentunya kita berharap kepada instansi berwenang dan pihak pengelolah SPBU bisa melakukan penertiban di lapangan," tutup Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Pelalawan itu. (ilm)