BENGKALIS, GORIAU.COM - Pisah sambut Kapolres Bengkalis dari AKBP Toni Ariadi Effendi, SIK, MH kepada AKBP Ulung Sampurnajaya, SIK di halaman Mapolres Bengkalis, Jumat (14/12/2012) pagi, diwarnai tradisi Pedang Pora. Tradisi ini menjadi perhatian sejumlah perwira di Mapolres Bengkalis.

Sebelum tradisi pedang pora dilaksanakan, Kapolres Bengkalis AKBP Ulung Sampurna Jaya dan AKBP Toni Ariadi Effendi naik di atas podium menyampaikan amanatnya, keduanya bertindak sebagai inspektur upacara. Beberapa kalimat sambutan terakhir sebelum meninggalkan Bengkalis diulas AKBP Toni Ariadi Effendi di hadapan seluruh jajaran Polres Bengkalis.

Upacara pagi itu diikuti seluruh perwira tinggi di Mapolres Bengkalis. Lima Kapolsek juga turut hadir. AKBP Toni Ariadi berpesan kepada jajaran Mapolres Bengkalis untuk lebih meningkatkan kekompakan dan tentunya tetap saling berkoordinasi dengan Kapolres Bengkalis yang telah berada di tengah-tengah seluruh personil Polres Bengkalis.“Saya menyampaikan pesan, dengan jabatan yang diemban hendaknya mampu berkoordinasi yang baik. Khususnya kasus narkoba, saya inginkan kinerja dari seluruh jajaran dalam memerangi narkoba lebih ditingkatkan,”papar Toni. 

Sementara Kapolres Bengkalis AKBP Ulung Sampurna Jaya dalam sambutannya turut menyampaikan pesan singkatnya. Intinya ia menyampaikan dengan jabatan atau amanah yang diberikan kepadanya memimpin Polres Bengkalis ini, hendaknya sama perlakuan yang dirasakan seperti saaat Kapolres Toni Ariadi Effendi menjabat. 

“Saya tidak berharap banyak, samakan saja saya dengan Kapolres terdahulu. Yang terpenting ketika saya menjabat di Polres Bengkalis, saya tidak ingin ada masalah baru. Tapi bagaimana kehadiran saya disini membuat suasana yang lebih baik lagi dan memupuk rasa kekompakan di jajaran Polres Bengkalis,” harapnya. 

Usai keduanya memberikan sambutan, upara pedang pora pun langsung dilaksanakan di halaman Mapolres. Sejumlah perwira berseragam lengkap menenteng pedang di pinggang membentuk barisan. Satu persatu menaikkan pedang tanda pemberian hormat kepada AKBP Toni Ariadi Efendi dan AKBP Ulung Sampurnajaya, diakhiri dengan jabat salam tanda perpisahan kepada seluruh personil Polres Bengkalis. Suasana perpisahan membuat sejumlah pejabat haru, ibu-ibu dan istri perwira terisak tangis. (jfk)