BENGKALIS, GORIAU.COM - Bupati H Herliyan Saleh meminta Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBD Damkar) serta seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait, tanggap dan cepat memenuhi kebutuhan dasar yang dibutuhkan masyarakat yang terkena musibah banjir.

''Koordinasikan dengan SKPD terkait. Segera pemenuhi kebutuhan dasar yang diperlukan. Jangan sampai ada warga yang terkena banjir, khususnya yang mengungsi kekurangan bahan pokok, seperti makanan, air bersih dan obat-obatan,'' pinta Herliyan.

Kepada Kepala BPPD M Jalal, permintaan itu disampaikan Herliyan ketika meninjau sejumlah titik yang terkena banjir di Kecamatan Bengkalis, Minggu (28/12/2014). Salah satu kawasan yang terkena banjir yang ditinjau Bupati adalah di Kelurahan Damon.

Di bagian lain Herliyan berharap seluruh sumber daya yang dimiliki BPBD, baik itu personil maupun peralatan, harus senantiasa siap siaga 24 jam. Terutama untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan di kawasan yang terkena banjir cukup parah.

''Lakukan evakuasi secepatnya jika ketinggian air semakin membahayakan. Upaya penyelamatan warga mesti menjadi prioritas utama. Saya tak ingin mendengar ada korban jiwa. Apalagi akibat keterlambatan dalam mengevakuasinya,'' tegas Bupati.

Kepada masyarakat, dia juga berpesan untuk senantiasa waspada. Apalagi dalam beberapa hari ke depan, intensitas hujan di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini diperkirakan masih tetap tinggi.

''Lebih-lebih bila dalam waktu bersamaan air laut pasang,'' pesan Herliyan, sebagaimana disampaikan Kepala Bagian Humas Pemkab Bengkalis, Johansyah Syafri.(jfk)