PEKANBARU, GORIAU.COM - Walikota Pekanbaru, Firdaus, Senin (6/7/2015) malam, dengan didampingi Kapolresta Pekanbaru, Kombes Aries Syarief Hidayat menemui sejumlah pedagang yang kiosnya ludes terbakar. Dalam kesempatannya, para pegadang meminta Walikota untuk mencarikan solusi terkait kelanjutan nasib mereka.

Bahkan sejumlah pedagang meminta kepada walikota dan dinas pasar untuk memberikan kemudahan bagi mereka yang menjadi korban, supaya diizinkan untuk berjualan di lokasi pasar yang belum selesai dibangun, yang berada persis disebelah pasar yang terbakar.

Secara bergantian pedagang mengutarakan unek-uneknya. Bahkan seorang pedagang bernama ismewati, langsung menuntut realisasi janji Walikota pada saat pemilihan dulu.

"Saya ini dulu milih bapak waktu pemilihan walikota, tolong perhatikan kami, tolong tepati janji, sudah bertahun-tahun kami menderita, beberapa tahun lalu kebakaran, kami masih menyisakan utang, ini kembali terbakar pak, tolong lah pak," pinta Ismewati.

Menanggapi permintaan pedagang, Walikota mengatakan, bahwa besok, dinas pasar dengan pihak kepolisian akan melakukan pendataan dan mencarikan solusi terbaik buat para pedagang.

"Insya allah, kami pihak pemerintah akan berkordinasi dengan kepolisian segera mencarikan solusi untuk para pedagang, kami mohon agar pedagang sabar, menunggu tim kepolisian menyelesaikan pekerjaanya dua hari ini," ungkapnya.

Jumlah kios pasar cikpuan menurut Walikota saat ini berjumlah 550 kios, dan hampir 350 kios hangus terbakar. Kebakaran Pasar Cikpuan sendiri sudah sering terjadi sejak pertama kali dibangun pada tahun 1988, dan hampir 2 tahun sekali rutin terjadi kebakaran. (Dnl)