DURI, GORIAU.COM - Warga sekitar rumah kosong milik Mira yang terbakar ada yang mengatakan berhantu dan ada juga yang tidak. Ternyata, Mira sang pemilik rumah kosong itu pernah dirampok dan diikat didalam rumahnya di jalan Sukadamai RT03 RW10 kelurahan Duri Barat, kecamatan Mandau, kabupaten Bengkalis, Riau.

Informasi yang didapat GoRiau.com saat berada dilokasi kebakaran, Selasa (7/7/2015) siang, warga terkadang melihat sosok hantu perempuan didalam rumah kosong tersebut. Namun ada juga yang mengatakan sudah berpuluh tahun tak pernah melihat hantu dirumah milik Mira itu.

"Saya saja yang sudah lama tinggal disini belum pernah melihat hantu disana. Kami warga disini juga merasa aman-aman saja, tidak ada gangguan atau penampakan dari hantu rumah tersebut seperti yang dikatakan orang-orang," kata Agus saat saat ditanyai GoRiau.com.

Isu yang berkembang dirumah kosong Mira itu ada hantu perempuan. Dimana hantu perempuan yang diduga mati terbunuh dirumah tersebut. Sehingga banyak orang yang melintasi jalan itu merasa merinding.

"Rasanya, ada orang yang mati dibunuh dirumah itu tidak ada. Hanya pernah dulu penghuni rumah itu, Mira dirampok dan diikat. Tidak ada pembunuhan dirumah tersebut. Karena yang tinggal disana juga orang bule, jadi sedikit kurang berbaur dengan masyarakat," tambah Andri yang masih tetangga Mira.

Tidak ada yang mengontrak rumah tersebut bukan karena rumah berhantu. Melainkan orang kesulitan untuk berkomunikasi dengan si pemilik rumah yang sudah pindah keluar negeri. Sehingga rumah tersebut lama kosong dan tak terurus, seperti rumah berhantu.

"Orangkan selalu beranggapan seperti itu, kalau rumah sudah lama kosong pasti berhantu. Tapi kami masyarakat disini tidak pernah melihat hantu ada disana. Kalau berhantu, tak akan berani orang mesum disana. Tak akan berani juga orang ngelem disana,"tambah Andri.

Lastri yang tinggal tak jauh dari rumah kosong yang terbakar, mengatakan pernah melihat sosok hantu perempuan dari atap rumah tersebut. Hantu itu dilihat dirinya saat akan membuang sampah tepat disebelah samping rumah Mira. Karena sebelah samping rumah Mira dijadikan tempat membuang sampah oleh warga.

"Waktu itu menjelang maghrib, saya lihat hantu perempuan berdiri diatas atap samping tembok rumah kosong. Niat mau buang sampah, sepeda motor dan sampah pun saya tinggalkan begitu saja. Akhirnya suami saya yang ambil sepeda motor yang saya tinggalkan karena ketakutan," ujar Lastri.

Kebenaran berhantu atau tidaknya hanya bagaimana kita menyikapi, lanjut Lastri. Namun sejak kejadian itu dirinya memang tidak lagi mau melintas disamping rumah yang ditinggalkan kosong selama 10 tahun.(ric)