KUANTAN SINGINGI, GORIAU.COM - Pacu Jalur Tradisional di Tepian Lubuok Sobae Baserah yang dilaksanakan sejak 12-14 Agustus berakhir sudah. Adalah Jalur Siposan Rimbo RAPP yang berasal dari Desa Pauh Angit Kecamatan Pangean keluar sebagai juara I.

Dalam pacuan hari terakhir ini, pada aduan pertama Siposan Rimbo berhadapan dengan Jalur Selendang Putiah dari Desa Pulau Deras Kecamatan Pangean. Ia mampu mendahului haluan dari Jalur Selendang.

Kesuksesannya mengalahkan Selendang, memberikan kesempatan buat Siposan untuk melaju ke aduan berikutnya. Pada aduan kedua, Siposan kembali berhadapan dengan Jalur yang berasal dari Kecamatan Pangean, yakni Jalur Toduang Kuantan dari Desa Tanah Bekali. Lagi-lagi Siposan membuktikan dirinya sebagai pemenang.

Kemenangan tersebut mengantarkan Siposan Rimbo ke grand final yang ditantang oleh Jalur Meriam Onggang Parau dari Desa Kepala Pulau Kecamatan Kuantan Hilir. Sebelum bertemu Siposan, Onggang Parau berhasil menaklukkan haluan dari Jalur Ombak Nyalo Simutu Olang yang juga berasal dari Kecamatan Pangean.

Pada putaran final tersebut, beberapa kali kedua jalur mencoba untuk memulai perpacuan, namun gagal dilepas. Sebab, Panitia pancang start melihat kedua haluan Jalur tersebut tidak sama.

Barulah pada percobaan keempat, bendera panitia jatuh menandakan sahnya hilir tersebut. Dengan sekuat tenaga, kedua anak pemacu berusaha untuk mendahului. Dari pantauan GoRiau.com, haluan kedua Jalur imbang hingga pancang finish.

Setelah melihat layar monitor yang disaksikan secara langsung oleh kedua utusan Jalur, barulah Dewan Hakim memberikan keputusan siapa yang menjadi pemenangnya.

"Hilir final, antara Siposan Rimbo RAPP dari Desa Pauh Angit mengambil jalan sebelah kiri, berhadapan dengan Meriam Onggang Parau dari Desa Kepala Pulau jalan sebelah kanan, dimenangkan oleh Siposan Rimbo RAPP," kata Dewan Hakim saat menyampaikan pemenangnya.

Berikut daftar pemanang Pacu Jalur Tradisional di Tepian Lubuok Sobae Baserah Kecamatan Kuantan Hilir

Juara I Siposan Rimbo RAPP

Juara II Meriam Onggang Parau

Juara III Ombak Nyalo Simutu Olang

Juara IV Toduang Kuantan

Peringkat V Pulau Laghe Mandulang Untuang

Peringkat VI Selendang Putiah

Peringkat VII Sialang Soko Putri Mandi

Peringkat VIII Sutan Nan Garang

Peringkat IX Sembaran Olang Pulai

Peringkat X Limo Piako Tuah Nagori(san)