BENGKALIS, GORIAU.COM - Wakil Bupati Bengkalis H Suayatno mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Bengkals untuk lebih meningkatkan kewaspadaan guna mecegah terjadinya musibah kebakaran rumah. Pasalnya, dalam satu bulan ini tercatat ada 8 rumah terbakar.

Himbauan ini disampaikan Wabup ketika menyerahkan bantuan korban kebakaran, Yusnawati (50), warga Jalan Antara Ujung, Gang Arrasidiyah RT/RW 03/04 Kelurahan Damon, Rabu (17/10/2012).

Faktor-faktor yang bisa memicu terjadinya kebakaran, menurut Ketua Satlak Penanggulangan Bencana Daerah (PBD) ini, hendaknya diperhatikan. Seperti kompor maupun sambungan listrik.

Wabup juga mengatakan, bantuan yang diberikan Pemkab tidak sepenuhnya bisa mengganti kerugian yang diderita akibat dari musibah. Tapi paling tidak bisa menjadi motivasi atau pemicu untuk bangkit kembali guna membangun kembali puing-puing yang masih tersisa.

''Semua datangnya dari Allah. Kita sebagai hambanya harus ikhlas menerimanya dengan lapang data,'' ujar Wabup.

Pemkab Bengkalis akan terus berkomitmen membantu masyarakat mengatasi musibah-musibah yang terjadi seperti kebakaran rumah dan lainnya. Diharapkan dengan bantuan yang diberikan oleh Pemkab tersebut dapat bermanfaat dan mengurangi beban yang dialami oleh korban.

Dalam kesempatan itu Wabup juga menghimbau kepada aparat desa maupun kelurahan untuk pro aktif menyampaikan laporan tentang apapun musibah yang terjadi di daerahnya. ''Semakin cepat kami menerima laporan maka semakin cepat kami menyusun mekanisme dan mengurus proses bantuan kepada korban,'' ujarnya.

Rumah Yusnawati (50) nyaris rata dengan tanah Senin (15/10/2012) siang diamuk si jago merah. Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut, namun sebagian barang berharga tidak berhasil diselamatkan, seperti dua unit sepedamotor. (jfk)