RENGAT, GORIAU.COM - Kebakaran terjadi di Jl Azki Aris, Gang Antasena, Kelurahan Sekip Hulu, Kecamatan Rengat. Kejadian membuat penghuni rumah, Anis (40) pingsan.

Rumah Ibu penjual bumbu di pasar ini Rengat terbakar, Minggu (14/9) sekitar pukul 13.10 Wib. Ia mengetahui rumahnya terbakar setelah api membesar dan membakar seluruh rumah.

Tidak ada korban jiwa pada peristiwa kebakaran yang terjadi disaat sebagian warga tengah beristirahat siang. Namun seluruh bangunan beserta isinya rata dengan tanah, termasuk satu unit sepeda motor yang mengalami rusak pada bagian depannya. Dugaan sementara penyebab kebakaran berasal dari kompor minyak tanah yang meledak. Sedangkan kerugian ditaksir mencapai Rp 150 juta.

Salah seorang saksi yang juga tetangga korban, Budi Raharjo mengungkapkan bahwa peristiwa kebakaran tersebut pertama kali diketahui oleh warga bernama Anto yang tengah bergotong-royong di belakang rumah korban. Saat itu, Anto mendengar adanya suara ledakan dari rumah korban. Ketika di cek, ternyata api sudah membesar dan membakar sebagian dapur rumah korban. "Saat kejadian rumah tersebut dalam keadaan kosong karena Anis tengah berjualan di pasar," ujarnya, Minggu (14/9/2014). 

Mengetahui adanya kebakaran, Anto langsung memberitahu kepada warga lain hingga dalam waktu yang tidak begitu lama warga langsung berdatangan dan berupaya membantu memadamkan api dengan peralatan seadaannya. Sebab api nyaris membakar bangunan rumah milik Suarsono yang berada persis disebalahnya dan hanya berjarak sekitar 2 meter.

Beruntung dua unit mobil pemadam kebakaran milik Pemkab Inhu tiba dilokasi sehingga mampu memblokir api agar tidak menjalar ke bangunan rumah disampingnya. Sekitar 30 menit kemudian, petugas pemadam kebakaran berhasil memadamkan api. (wsr)