PEKANBARU, GORIAU.COM -Komisi Pemilihan Umum telah menetapkan pelaksanakan Pilkada Riau akan dilakukan pada 4 September 2013, besok. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Stasiun Pekanbaru memprediksi seluruh wilayah Riau telah bersih dari kabut asap.

Warih Budi Lestari selaku analis lembaga pemantau cuaca itu, Selasa (3/9/2013), mengatakan, kalau dilihat dari pantauan satelit baik NOAA-18, Terra dan Aqua di Riau memang nihil titik panas (hotspot).

Untuk diketahui, sebelumnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau telah menetapkan sebanyak lima pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau 2013.

Mereka adalah Herman Abdullah berpasangan dengan Agus Widayat nomor urut 1; Annas Maamun dengan Arsyadjuliandi Rachman (nomor urut 2); Lukman Edy-Suryadi Khusaini (nomor urut 3), Ahmad-Masrul Kasmy (nomor urut 4); dan Jon Erizal-Mambang Mit (nomor urut 5).

Analis BMKG Stasiun Pekanbaru mengatakan, hujan yang terjadi sejak beberapa hari terakhir menyebabkan kabut asap yang merupakan dampak dari peristiwa kebakaran hutan atau lahan di Provinsi Riau mulai 'memudar'. "Bahkan hari ini tidak ada lagi titik panas," kata Warih.

Titik panas diindikasikan sebagai peristiwa kebakaran hutan atau lahan yang sebelumnya sempat berjumlah ratusan tersebar di sejumlah wilayah kabupaten dan kota di Riau.

Warih mengatakan, pada saat pelaksanaan Pilkada Riau, besok, hampir seluruh wilayah kabupaten dan kota di Riau berpeluang terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.(fzr)