PEKANBARU, GORIAU.COM - Minat pencari kerja ambil bagian pada Bursa Kerja Pekanbaru luar biasa. Ribuan orang langsung memadati aula bursa yang diselenggarakan Disnaker Pekanbaru bekerjasama dengan Kementerian Tenaga Kerja RI di Universitas Islam Negeri Pekanbaru, Selasa (20/11/2012).

Bursa kerja yang dimulai hari ini hingga Rabu (21/11/2012) itu langsung didatangi para pencari kerja, tidak hanya dari kota Pekanbaru, sebagian juga berasal dari beberapa daerah yang jarak tempuhnya tidak terlalu lama dari Pekanbaru seperti Kampar, Siak, Pelalawan, dan lain-lain.

''Sayang lowongan kerja yang disediakan masih terbatas, belum semua perusahaan memanfaatkan bursa itu terutama rumah sakit swasta dan klinik bersalin yang ada di seluruh Riau. Masih banyak yang umum,'' ujar Rahmah kepada GoRiau.com.

Pada bursa kerja ini 2.000 lowongan pekerjaan baku dibuka oleh 35 perusahaan swasta yang beroperasi di Pekanbaru. Mereka merekrut berbagai pekerja dengan lulusan yang beragam.

''Bursa kerja ini merupakan kerjasama antara Kementerian Tenaga Kerja dan Disnaker Pekanbaru. Selain Pekanbaru kegiatan serupa juga digelar di beberapa kota besar di Indonesia,'' ujar Kasi Bursa Kerja Dalam Negeri, Kementerian Tenaga Kerja, Tri Ariyanto.

Bursa bertujuan mempermudah pencari kerja untuk melakukan akses langsung ke perusahaan sesuai dengan keahliannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Pekanbaru, Pria Budi mengharapkan para pencari kerja bisa memanfaatkan bursa kerja tersebut.

''Kedepan kita akan berusaha untuk melibatkan lebih banyak perusahaan dan banyak keahlian sehingga semua lulusan bisa terserap oleh perusahaan yang ada. Kita berharap perusahaan bisa memanfaatkan bursa ini untuk mencari tenaga kerja yang handal dan sesuai keinginan,'' ujar Pria Budi. (rdi)