DUMAI, GORIAU.COM - Kejadian aneh dan langka terjadi di Kota Dumai, Senin (21/4/2014). Ribuan ulat bulu hadir di kawasan Jalan Wan Amir, atau tetapnya di kawasan yang pada beberapa waktu lalu telah terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kota Pengantin Berseri Dumai. Ribuan ulat bulu tersebut telah datang seminggu lalu.

Pantauan di lokasi temuan, ribuan ulat bulu berwarna hitam dengan berbagai ukuran, mulai 1 cm hingga 3 cm dan memenuhi badan jalan, tanah kosong, dedaunan sayuran pakis, tumbuhan lainnya dan juga bangunan ruko serta kediaman warga yang berada di lokasi tersebut.

Menurut warga, Ary, ulat bulu tersebut juga sempat masuk kedalam rumahnya, dari ruang tamu, ruang keluarga, kamar serta bagian rumah bagian belakang juga turut di hinggapi ulat bulu berwarna hitam tersebut.

''Ulat-ulat ini tidak hanya diluar tapi juga masuk rumah dan juga hingga ke dapur,'' sebut pria berusia 29 tahun.

Dikatakan Ari, kondisi fisik bangunan yang dihinggapi ulat bulu, umumnya dinding kayu. Namun sejauh ini belum ada gejala-gejala gangguan kesehatan, seperti gagal-gatal yang berkepanjangan.

''Alhamdulilah, tak ada wabah namun kalau kita digigit ulat itu, bentol-bentol juga. Gatalnya sebentar saja," terangnya.

Meskipun tidak menimbulkan gejala-gejala yang serius, ia mengaku cemas dengan kondisi tersebut. Karena, telah seminggu belakangan ini, Ia kerap menyapu ulat bulu yang berjalan di lantai rumahnya dan membuang kembali keluar rumah. Meski begitu dirinya mengaku belum melaporkan kondisi itu kepada pihak terkait. (dcp)